Pertama di Indonesia, Fashion Show Batik Digelar di Gua Lawa, Purbalingga

Arbi Anugrah - wolipop Senin, 28 Okt 2019 05:51 WIB
Fashion show batik di dalam Gua Lawa, Purbalingga. Foto: Arbi Anugrah/Detikcom Fashion show batik di dalam Gua Lawa, Purbalingga. Foto: Arbi Anugrah/Detikcom

Purbalingga - Fashion show di dalam gua ini bisa jadi pertamakalinya digelar di Indonesia. Sebuah fashion show di dalam Gua Lawa Purbalingga (Golaga), Jawa Tengah, dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional baru saja digelar.

Samuel Wattimena termasuk salah satu perancang yang ikut memamerkan karyanya dalam fashion show di dalam Gua Lawa. Desainer yang konsisten mengangkat wastra nusantara ini terkagum-kagum saat melihat lokasi fashion show untuk pertamakalinya.

"Peragaan batik dalam gua ini sangat langka, guanya juga bagus sekali. Dan pertama diajak saya tidak membayangkan guanya seperti ini. Ternyata guanya nggak bau, tidak pengap lalu lighting di dalam guanya keren banget," kata Samuel Wattimena kepada wartawan di Golaga Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Minggu (27/10/2019).



Pertama di Indonesia, Fashion Show Batik Digelar di Gua Lawa, PurbalinggaFoto: Arbi Anugrah/Detikcom


Samuel mengatakan peragaan busana di dalam gua yang diikuti oleh puluhan model lokal Purbalingga dan Jakarta ini tidak merepotkan, karena para model hanya perlu merespon dari bentuk gua itu sendiri. "Tidak kerepotan, karena kita merespon dari guanya itu sendiri. Kita tidak berusaha memindahkan ballroom ke dalam goa tapi kita memindahkan model dalam ekosistem gua," jelasnya.

Desainer 58 tahun itu menambahkan show di dalam gua memberikan sensasi tersendiri. Pada pagelaran kali ini, lokasi turut menjadi elemen penting dari fashion show itu sendiri.

Pertama di Indonesia, Fashion Show Batik Digelar di Gua Lawa, PurbalinggaFoto: Arbi Anugrah/Detikcom


"Sensasinya bahwa kita bisa melihat dimensi antara ruang dan model dan desain yang dihadirkan, sementara kalau kita biasa show di Jakarta, di panggung fashion yang kita lihat itu hanya dimensi pakaiannya karena gedungnya itu terabaikan. Tapi di sini gedungnya menjadi latar yang menghidupkan karya karya desainnya dan karya batiknya," jelasnya.

Menurut Samuel peragaan busana atau fashion show batik dalam gua ini baru pertama kali ada di Indonesia. Bahkan katanya, fashion show dalam gua ini pertama di dunia.

"Sebelumnya belum pernah ada, di Indonesia pertama kali dan ditingkat dunia kayaknya juga belum, saya sudah ngecek, karena kalau ada kan kita bisa buka di Google show and the cave tidak ada," ujarnya.

Koleksi busana batik yang ditampilkan Samuel dalam fashion show di Gua Lawa Purbalingga ini juga terinspirasi dari goa tersebut. Dia bekerjasama dengan para pembatik lokal. Sejumlah motif yang terlihat dihadirkan di antaranya motif kelelawar, bunga kantil dan wayang suket.

"Motif yang ditampilkan banyak, karena sekarang ini kan fashion lagi tabrak motif, jadi dalam satu penampilan bisa satu dua motif hadir dan itu suatu yang menguntungkan bagi etnik kita, karena fashion dunia sekarang lagi itu," ujarnya.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi yang turut hadir menjadi penonton dalam fashion show di Gua Lawa ini menyampaikan rasa bangganya salah satu lokasi wisata di daerahnya bisa menjadi tempat fashion show. Menurutnya fashion show batik dalam gua pertama di Indonesia ini selain bisa mempromosikan pariwisata, juga dapat mempopulerkan batik Purbalingga.

"Jadi fashion show yang ditampilkan juga menggunakan karya batik dari para pengrajin lokal termasuk desainer lokal dan model lokal. Harapannya ini bisa menjadi suatu event berbeda yang bisa go nasional dan go international,' ucapnya.

Simak Video "Cara Kece Manfaatkan Limbah Kain Batik"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)