Pesan Obin Si 'Tukang Kain' untuk Menteri Nadiem

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 24 Okt 2019 19:30 WIB
Foto: Mohammad Abduh Foto: Mohammad Abduh

Jakarta - Indonesia kaya akan warisan budaya, tanpa terkecuali kain-kainnya dengan motif yang sarat makna. Namun, mungkin belum banyak orang Indonesia yang belum begitu paham tentang cerita di balik motif tersebut. Isu tersebut lantas menjadi pekerjaan rumah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru, yakni Nadiem Makarim.

Obin, desainer yang dikenal lewat koleksi batik kontemporernya, menyinggung topik tersebut dalam sesi jumpa pers jelang peragaannya yang bertajuk 'Rayuan Kain' di Jakarta Fashion Week 2020, Kamis (24/10/2019).

Ia sempat diminta tanggapan tentang fenomena orang Indonesia yang mulai senang memakai kain tradisional tapi tidak mengetahui makna motif kain dan peruntukkannya.

Menurut perempuan bernama asli Josephine W. Komara itu, tak ada yang salah dari fenomena tersebut. Ia melihatnya sebagai hal yang positif karena orang Indonesia sudah mulai sadar untuk memakai kain Indonesia demi melestarikan warisan budaya.

Pesan Obin Si 'Tukang Kain' untuk Menteri Nadiem Foto: Rachman Haryanto/detikcom
"Anggap saja itu perkenalan. Nah, mungkin akan ada orang yang berkomentar tentang kain yang dipakainya. Mulai memakai adalah pintu. Dari situ, akan terbangun rasa penasaran tentang makna motif kain dan cerita di baliknya," ungkap desainer yang lebih suka dijuluki sebagai 'Tukang Kain' itu.

Hanya saja, lanjut Obin, rasa penasaran tersebut tidak terakomodasi dengan baik karena minimnya informasi yang menjebarkan secara lengkap tentang keragaman wastra Nusantara berikut latar belakangnya. Obin berharap, kehadiran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru dapat membawa perubahan untuk mengatasi masalah tersebut.

"Siapa nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru? Nadiem (Makarim) yah? Pesan saya, tolong bikin katalog khusus ragam kain Indonesia yang dilengkapi asal-usulnya, nama motifnya apa, siapa yang membuat dan serta maknanya. Diharapkan, anak-anak bisa belajar dari situ," terang Obin.

Simak Video "Lipstik Pixy Make It Glow Series Bikin Jatuh Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(dng/ami)