Viral Crosshijaber, Aktor Hollywood Ungkap Alasan Suka Pakai Baju Wanita

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 16 Okt 2019 19:04 WIB
Billy Porter di karpet merah Academy Awards 2019. (Foto: Frazer Harrison/Getty Images) Billy Porter di karpet merah Academy Awards 2019. (Foto: Frazer Harrison/Getty Images)

New York City - Belakangan sedang ramai dibahas di media sosial tentang fenomena 'crosshijaber' yang menyoroti para pria berhijab. Kehebohan crosshijaber itu lantas menyinggung soal crossdressing, yakni lelaki yang memakai baju perempuan atau sebaliknya.

Seperti yang dilakukan Billy Porter. Aktor yang satu ini sempat menjadi sorotan di Academy Awards 2019 Februari lalu lantaran muncul dalam balutan gaun hitam megar bergaya tuksedo. Desainer Christian Siriano yang merancang gaun tersebut khusus untuknya.


Viral Crosshijaber, Aktor Hollywood Ungkap Alasan Suka Pakai Baju WanitaBilly Porter di Academy Awards 2019. (Foto: Getty Images)

Penampilan yang biasanya akrab untuk perempuan kembali menjadi andalan Billy Porter ketika menghadiri Tony Awards 2019 pada Juni. Tubuh pria 50 tahun itu dibungkus setelan merah dengan atasan vest. Terdapat ekor panjang yang menjuntai dramatis dari belakang celana.

Menariknya, ekor tersebut dibuat dari tirai panggung musikal 'Kinky Boots' yang dipentaskan di Broadway, New York City. Pertunjukan tersebut dibintangi Billy Porter dan mengantarkannya pada piala Tony Awards 2013 sebagai aktor terbaik.

Selain berbusana seperti perempuan, Billy juga menyempurnakan gayanya dengan riasan yang on-point. Ada yang mencibir, tapi tak sedikit pula yang memuji pilihan gaya berbusananya.


Viral Crosshijaber, Aktor Hollywood Ungkap Alasan Suka Pakai Baju WanitaBilly Porter di Tony Awards 2019 (Foto: Dimitrios Kambouris/Getty Images for Tony Awards Productions)

Saat menjadi bintang tamu The Late Show with Stephen Colbert belum lama ini, bintang serial 'Pose' itu menjelaskan alasannya suka berpenampilan dengan busana feminin.

Ia melihat ada pemahaman yang masih standar ganda tentang bagaimana perempuan berpakaian seperti pria atau sebaliknya. Perempuan yang gaya busananya seperti pria, kata Billy, dianggap kuat dan berkuasa.

Lain halnya saat lelaki memakai busana perempuan, konotasi negatif yang muncul. "Ketika pria memakai baju wanita langsung dibilang menjijikkan. Jadi apa maksudnya? Pria itu kuat dan perempuan menjijikkan? Saya muak dengan pemikiran tersebut. Saya seorang pria dengan gaun dan kalau sedang ingin memakai gaun, saya akan melakukannya," ungkap dia.

Viral Crosshijaber, Aktor Hollywood Ungkap Alasan Suka Pakai Baju WanitaFoto: Getty Images


Simak Video "Sebuah Pengakuan Seorang Cross Hijaber"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)