Oscar Lawalata Perkenalkan Kain-kain Langka Indonesia ke Generasi Milenial

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 03 Okt 2019 12:34 WIB
Foto: Ismail/detikHOT Foto: Ismail/detikHOT

Jakarta - Salah satu desainer yang akan turut memeriahkan Jakarta Fashion Week 2020, Oscar Lawalata baru saja membuka pameran I AM INDONESIAN The Future : Aku dan Kain. Dalam pamerannya kali ini, Oscar menggandeng 100 generasi muda untuk mengenalkan kain kepada masyarakat luas, khususnya kepada kaum milenial.

"Aku dan Kain ini memang kita menitik beratkan pada generasi muda. Jadi bahasanya tuh melalui mereka akan lebih tersampaikan. Mereka punya cara sendiri," ujar Oscar saat ditemui di sela-sela pembukaan I AM INDONESIAN The Future: Aku dan Kain Exhibition di Senayan City, Jakarta pada, Rabu (2/10/2019).

Oscar mengungkapkan pameran kain yang digelarnya bersama fotografer Glenn Prasetya itu berbeda dari lainnya. Dalam pamerannya kali ini Oscar lebih mengangkat kain-kain nusantara yang belum terlalu populer dan langka.

"Memang kalau ditanya secara dunia fashion sudah banyak desainer yang mengangkat ini. Tetapi berbicara kain dalam arti kata kain itu sendiri, kayak misalnya sekarang mungkin orang sedang ramai-ramai tenun Sumba, orang tidak tahu di sana ada tenun Biboki, tenun Soe, Insana. Terus kita juga punya songket Palembang, sarung Aceh," tutur desainer yang merupakan anak dari aktris senior Reggy Lawalata itu.


Oscar juga mengatakan bahwa kain-kain yang dipajang di pameran Aku dan Kain itu sebagian besar adalah koleksi pribadinya. Dari 100 kain yang dipajang dalam pameran, beberapa di antaranya ada kain-kain yang langka seperti, kain dari Kalimantan yang disebut Sungkit dan kain Lepus dari Palembang.


"Kain Kalimantan juga cukup mengkhawatirkan karena yang menenun adalah suku-suku pedalaman. Yang mana kita tahu suku di Kalimantan itu kan nomaden dan hutannya mereka mulai hilang, otomatis mencari mereka pun kita juga semakin sulit. Jadi untuk sekarang tenun Kalimantan pun juga sudah semakin susah untuk kita dapatkan," tutup Oscar.

Simak Video "Rancangan Batik 3 Desainer Indonesia Disambut Meriah Warga Paris"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)