Fotografer Fashion Peter Lindbergh Meninggal, Para Supermodel Dunia Berduka

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 05 Sep 2019 16:40 WIB
Fotografer fashion Peter Lindbergh meninggal dunia dalam usia 74 tahun. (Foto: Getty Images) Fotografer fashion Peter Lindbergh meninggal dunia dalam usia 74 tahun. (Foto: Getty Images)

London - Fotografer fashion senior Peter Lindbergh tutup usia, Selasa (3/9/2019). Kepergian sang fotografer pun meninggalkan duka yang mendalam di benak para supermodel dan selebriti dunia yang pernah dipotretnya.

Berita duka tersebut diumumkan di akun Instagram pribadinya, @therealpeterlindbergh, Rabu. Ia meninggal dalam usia 74 tahun. "It is with great sadness that we announce the passing of Peter Lindbergh on September 3rd 2019, at the age of 74," demikian bunyi keterangan unggahan tersebut yang disertai foto sebuah studio bernuansa hitam-putih.


[Gambas:Instagram]

Keterangan tersebut tak disertai penyebab kematiannya. Namun, Peter Lindbergh disebut mengembuskan napas terakhir di tengah keluarga tercinta. Ia meninggalkan seorang istri dan empat anak serta tujuh cucu.

Ungkapan bela sungkawa lantas langsung memenuhi kolom komentar. Banyak di antaranya datang dari supermodel senior seperti Linda Evangelista yang memberi emoji patah hati berulang kali. Ada pula Cindy Crawford dan Naomi Campbell. Para top model masa kini, Gigi Hadid dan Karlie Kloss, turut mengungkapkan rasa dukanya.


Peter Lindbergh bersama Cindy Crawford.Peter Lindbergh bersama Cindy Crawford. (Foto: Getty Images)

Tidak ketinggalan desainer Donna Karan. "Kamu akan selalu ada di hatiku sebagai seniman, seorang visioner kreatif yang bisa mengabadikan jiwa seorang perempuan dan mengekspresikan emosi di setiap momennya," tulis pendiri label DKNY itu.

Memulai karier di era 1970, Peter disebut-sebut sebagai sosok yang turut berkontribusi dalam kebangkitan era supermodel 1990-an. Selain model, ia juga memotret para bintang papan atas Hollywood dan atlet kelas dunia. Tak heran bila pria kelahiran Polandia ini sangat disegani di lingkaran para pesohor.


Salah satu karya Peter Lindbergh yang menampilkan supermodel era 1990-an seperti Naomi Campbell dan Cindy Crawford.Salah satu karya Peter Lindbergh yang menampilkan supermodel era 1990-an seperti Naomi Campbell dan Cindy Crawford. (Foto: Getty Images)

Hasil jepretannya untuk majalah selalu mengukir sejarah atau setidaknya ramai dibicarakan. Salah satunya adalah foto model Israel Michaela Bercu di sampul majalah Vogue Amerika Serikat edisi November 1988. Ini adalah edisi perdana di bawah pimpinan Anna Wintour sebagai editor in chief dari majalah yang sering dijuluki 'fashion bible' itu.

Teranyar, hasil jepretan Peter Lindbergh menghiasi sampul Vogue Inggris edisi September 2019 yang secara khusus disunting oleh Duchess of Sussex Meghan Markle. Peter diminta Meghan untuk memotret deretan perempuan inspiratif yang telah dikurasi istri Pangeran Harry itu.


[Gambas:Instagram]

Dalam berkarya, Peter Lindbergh berpegang teguh pada prinsip hasil fotografi yang bebas dari rekayasa teknologi. "Adalah tugas bagi seorang fotografer masa kini untuk menggunakan kreativitas dan keahliannya untuk membebaskan para perempuan dan semua orang dari teror awet muda dan kesempurnaan," tulis sang fotografer di buku fotografinya 'Shadows on the Wall' (2018).



Simak Video "Ikonik! Penampilan 5 Supermodel Legendaris di Show Versace"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)