Setelah Van Gogh, Vans Rilis Sneakers Pelukis Kontroversial Frida Kahlo

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 26 Jun 2019 16:30 WIB
Koleksi Sneakers Vans Frida Kahlo. (Foto: Dok. Vault by Vans) Koleksi Sneakers Vans Frida Kahlo. (Foto: Dok. Vault by Vans)

Jakarta - Menyusul kesuksesan koleksi Vincent van Gogh, Vans kembali merayakan karya seniman legendaris lewat deretan sneakers-nya. Kali ini, giliran pelukis asal Meksiko Frida Kahlo (1907-1954).

Karya-karya Frida Kahlo menjelma dalam tiga sneakers signature Vans di bawah naungan lini premiumnya, Vault by Vans. Ada OG Sk8-Hi LX yang tampil dengan gambar lukisan 'self-potrait' Frida dalam palet hijau gelap dan putih.


Setelah Van Gogh, Vans Rilis Sneakers Pelukis Kontroversial Frida KahloSneakers Vans OG Slip-On LX yang terinspirasi dari lukisan "Self Portrait With Thorn Necklace and Hummingbird" karya Frida Kahlo pada 1940. (Foto: Dok. Vault by Vans)


Lalu, OG Authentic LX yang bernuansa tropikal dengan gambar semangka khas Frida seperti pada karyanya, 'Viva La Vida'. Tidak ketinggalan, OG Slip-On LX yang terinspirasi dari lukisan Frida berjudul "Self Portrait With Thorn Necklace and Hummingbird" (1940). Sneakers tersebut dihiasi lukisan wajah Frida dengan lehernya yang dihiasi kalung berduri dan burung yang bergelantungan dari kalung itu.


Seperti dikabarkan Footwear News, setiap sneakers dilengkapi sol berfitur 'vulcanized'. Sementara bagian bantalan pada bagian tumit terbuat dari material kulit yang eksklusif.

[Gambas:Instagram]


Koleksi ini akan dijual secara global mulai 29 Juni mendatang. Di Indonesia, toko Dope & Dapper sudah mengumumkan lewat Instagram akan menjual sneakers Vans x Frida Kahlo ini. Namun, tidak disebutkan tanggal penjualan dan berapa harganya.

Berbeda dari koleksi Vincent van Gogh yang disertai koleksi aksesori dan pakaian, Vans hanya melansir sneakers untuk versi Frida Kahlo.

Semasa hidupnya, Frida Kahlo dikenal sebagai pelukis yang kontroversial. Karya-karnyanya banyak menceritakan tentang relasinya dengan tubuhnya dan kesedihan Frida dalam menjalani hidup sebagai perempuan dan penderita polio.

Karya Frida Kahlo di museumKarya Frida Kahlo yang berjudul "Self-Portrait as Tehuana or Diego on My Mind" dipamerkan di museum Martin-Gropius-Bau, Berlin, Jerman pada 2010. (Sean Gallup/Getty Images)

Aktif di Partai Komunis Meksiko, sosoknya sering dipandang sebagai pelopor feminis pada zamannya karena berhasil mendobrak norma. Frida vokal dalam memperjuangkan kesetaraan gender dengan memakai celana panjang yang pada masa itu tidak lazim bagi kaum perempuan. Asmaranya dengan pria dan wanita turut mewarnai perjalanan hidup pelukis dengan alis yang menyatu itu.

Kisah hidup Frida pernah diangkat ke layar lebar dalam film berjudul 'Frida' (2002). Berperan sebagai Frida, aktris seksi berdarah Meksiko Salma Hayek. Film tersebut sukses menyabet dua piala Oscar dari enam nominasi di ajang Academy Awards 2003.

Aktris Salma Hayek sebagai Frida Kahlo di film 'Frida' (2002).Aktris Salma Hayek sebagai Frida Kahlo di film 'Frida' (2002). (Foto: Susana Gonzalez/Newsmakers via Getty Images)


Simak Video "Ini Jenis Sepatu yang Diburu di Jakarta Sneakers Day 2018!"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)