Mengenal Kaws, Seniman yang Kolaborasinya dengan Uniqlo Jadi Rebutan

Alissa Safiera - wolipop Senin, 10 Jun 2019 16:36 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa

Jakarta - Nama Kaws akhir-akhir ini semakin populer karena koleksinya yang menghebohkan dengan Uniqlo. Namun siapa sebenarnya Kaws?

Mungkin kamu baru mendengar namanya, namun Kaws bukanlah pemain baru dalam dunia seni kontemporer. Kaws telah puluhan tahun berkarya, memberi sentuhan mata 'XX' yang khas ke dalam karakter ikonik seperti Snoopy, Mickey, Mouse, The Simpson, dan juga Sesame Street.

Karyanya dari mainan sampai patung diincar para penggemar, bahkan brand dan desainer high-end seperti Uniqlo hingga Dior mengajak Kaws kolaborasi.

Mengenal Kaws, Seniman yang Kolaborasinya dengan Uniqlo Jadi RebutanFoto: Getty Images

Adalah Brian Donnelly, pria di balik nama Kaws. Pada tahun 1990-an, Kota New York dipenuhi dengan berbagai macam iklan, mengambil banyak ruang luas yang seharusnya dapat digunakan oleh seniman jalanan sebagai kanvas untuk berkreasi dengan catnya.

Alih-alih mengalah ke lorong-lorong belakang atau menggambar di bawah jembatan, pria asal New Jersey itu justru "merusak" papan iklan dan halte bus, menggambar karakter buatannya seperti The Companion, Bendy dan The Accomplice, serta nama panggilan KAWS.

Visibilitas ini memberi seorang Kaws kesempatan untuk merancang lini mainan kecil dengan perusahaan pakaian Jepang Bounty Hunter. Diperdagangkan masing-masing sekitar US$ 50 (Rp 700 ribu) hingga US$ 100 (Rp 1,4 juta) saat diluncurkan pertama kali. Patung-patung itu sekarang laku dijual kembali dengan harga sepuluh kali lipat atau lebih dari harga aslinya.
Mengenal Kaws, Seniman yang Kolaborasinya dengan Uniqlo Jadi RebutanFoto: Getty Images

Nama Kaws semakin populer sejak itu. Proyek mainan buatan pria 45 tahun ini membuat keahlian Kaws semakin bertambah, dari hanya mengerjakan karya dua dimensi, kini lebih dari itu. Ia bahkan pernah membuat patung 3 dimensi dengan tinggi 5 meteran dari karakter The Companion.

Sejak 2004, KAWS telah bekerja dengan berbagai artis hip hop, terutama Kanye West di sampul albumnya, 808s dan Heartbreaks. Kaws juga merancang sepatu untuk Nike dan Marc Jacobs, hingga berkolaborasi dengan merek-merek fashion A Bathing Ape, Comme Des Garcons, Undercover, Vans dan kini Uniqlo. Karakternya semakin beragam dari The Smurfs, Snoopy, Mickey Mouse, Spongebob Squarepants, Family Guy, Michelin Man, Moonman Video Awards MTV, Sesame Street dan masih banyak lagi.
Mengenal Kaws, Seniman yang Kolaborasinya dengan Uniqlo Jadi RebutanFoto: Istimewa
Mengenal Kaws, Seniman yang Kolaborasinya dengan Uniqlo Jadi RebutanFoto: Istimewa

Beberapa karyanya juga sudah dipajang permanen di museum. Misalnya pada Brooklyn Museum, Museum of Modern Art New York, Museum of Contemporary Art San Diego, One Campus Martius di Detroit dan Modern Art Museum of Fort Worth.

Koleksi mainan buatan Kaws dijual dengan harga beragam saat ini. Mulai dari action figure kecil seharga Rp 5 jutaan sampai harga 10 ribu poundsterling atau Rp 180 juta pun ada.
Mengenal Kaws, Seniman yang Kolaborasinya dengan Uniqlo Jadi RebutanFoto: Dok. Uniqlo x Kaws

Tak heran ketika Kaws menelurkan koleksi kolaborasi dengan Uniqlo, penggemarnya seolah menggila karena harga yang masih terjangkau. Di Indonesia misalnya, koleksi Uniqlo x Kaws habis dalam hitungan jam. Mereka bahkan sampai rela antre sebelum toko dibuka.
(asf/asf)