Baju Wakanda Dilarang, Ini Kostum Baru Serena Williams di Prancis Terbuka 2019

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 28 Mei 2019 12:41 WIB
Serena Williams saat melawan Vitalia Diatchenko di Prancis Terbuka 2019. (Foto: Adam Pretty/Getty Images) Serena Williams saat melawan Vitalia Diatchenko di Prancis Terbuka 2019. (Foto: Adam Pretty/Getty Images)

Paris - Sempat menuai kontroversi karena kostumnya tahun lalu tak menghentikan langkah Serena Williams untuk kembali berlaga di ajang Prancis Terbuka 2019. Kali ini, mantan petenis nomor satu dunia itu 'balas dendam' dengan kostum yang sarat pesan inspiratif.

Kostum tersebut menjadi andalan Serena Williams saat menghadapi Vitalia Diatchenko dari Rusia pada babak pertama grand slam tanah liat di arena Roland Garros, Paris, Senin (27/5/2019).

Serena Williams saat melawan di Prancis Terbuka 2019.Serena Williams saat melawan Vitalia Diatchenko di Prancis Terbuka 2019. Foto: REUTERS/Vincent Kessler
Saat pemanasan, Serena Williams memakai semacam jubah bernuansa monokrom dengan padanan motif garis dan floral. Jubah tersebut juga dihiasi kata 'Ibu, Juara, Ratu dan Dewi' dalam bahasa Prancis. Setelah melepas luaran itu, tampak baju tenis two-piece bergaya senada membungkus tubuh atletisnya.

Adalah Virgil Abloh dari Off-White yang merancang busana Serena untuk Prancis Terbuka 2019. Kolaborasi tersebut juga didukung oleh Nike, sponsor utama Serena.

"Busana ini berbicara tentang aku sebagai seorang ibu dan ratu, juga sebagai perempuan. Seorang juara. Semacam pemberi kekuatan buatku dan aku menyukainya," jelas Serena yang melangkah ke babak kedua setelah berhasil menundukkan Diatchenko, 2-6 6-1, 6-0.


[Gambas:Instagram]


Ini bukan kali pertama Virgil mendesain kostum tenis Serena. Kolaborasi perdana mereka dimulai saat AS Terbuka 2018 dengan sebuah kostum bergaya balerina.

Di Prancis Terbuka 2018, Serena Williams mencuri atensi karena memakai kostum model 'catsuit' hitam ala Black Panther. "Aku menyebutnya catsuit yang terinspirasi dari Wakanda," ujar ibu satu anak itu seperti dikutip The Guardian, menyinggung nama negara khayalan di film superhero Marvel tersebut.

Namun, Federasi Tennis Prancis kurang berkenan dengan penampilan unik Serena Williams tersebut sampai-sampai mengeluarkan larangan pemakaian catsuit di Prancis Terbuka. "Terlalu berlebihan," kata Serena Williams merespons peraturan tersebut kepada ESPN, seperti dikutip dari Glamour.

Serena Williams memakai catsuit hitam di Prancis Terbuka 2018.Serena Williams memakai catsuit hitam di Prancis Terbuka 2018. (Foto: Matthew Stockman/Getty Images)
Sebenarnya ada alasan kenapa Serena Williams memutuskan memakai catsuit saat bertanding. Baju ketat yang disebut para fans sebagai 'superhero suit' itu dirancang secara khusus untuk mencegah penggumpalan darah, kondisi yang dialami Serena selama kehamilan.

Serena melahirkan putri pertamanya, Alexis Olympia, pada awal September 2017 atau sekitar delapan bulan sebelum tampil di Prancis Terbuka 2018.

(dtg/dtg)