Nike Dicaci-maki Netizen karena Tampilkan Wanita Berbulu Ketiak di Iklan Bra

Eny Kartikawati - wolipop Jumat, 26 Apr 2019 17:47 WIB
Iklan Nike yang jadi kontroversi. Foto: Dok. Nike Women Iklan Nike yang jadi kontroversi. Foto: Dok. Nike Women

Jakarta - Brand sportswear Nike merilis foto penyanyi wanita dengan bulu ketiak untuk mempromosikan bra. Iklan tersebut langsung menjadi kontroversi.

Iklan yang diunggah Nike di akun Instagram @nikewomen itu menampilkan penyanyi keturunan Amerika-Nigeria Annahstasia Enuke. Penyanyi 23 tahun itu tampak berpose memakai bra hitam dan mengangkat tangan kanannya hingga ketiaknya yang tampak berbulu terlihat.

Nike sepertinya sengaja tidak melakukan pengeditan pada ketiak berbulu Annahstasia. Belakangan ini gerakan untuk menampilkan tubuh seperti apa adanya memang sedang terjadi di industri fashion. Para model tampil apa adanya memperlihatkan kekurangan ataupun kelebihan tubuh mereka untuk menunjukkan bahwa mereka juga manusia biasa. Model Cara Delevingne hingga putri Madonna, Paris Jackson, termasuk dalam deretan wanita yang berani berfoto dan memamerkan bulu ketiak mereka ini.



[Gambas:Instagram]



Iklan terbaru Nike ini langsung diserbu ribuan komentar netizen. Seperti ketika Cara Delevingne dan Paris Jackson berpose pamer bulu ketiak, iklan Nike yang menampilkan Annahstasia ini pun menjadi kontroversi. Ada netizen yang memuji, banyak juga yang mencaci maki. Mereka yang mengkritik menyebut apa yang ditampilkan Nike sebuah hal jorok dan menjijikkan.

"How is not shaving your armpits is a freedom? Freedom has to do with education/work/live your life without fear. This here is not freedom, it's a woman being dirty," tulis seorang pengguna Instagram. "Stop this. That's disgusting," tulis netizen lainnya. "This is disgusting. As a women I don't want to see armpit hair in a photo like this," tulis netizen lainnya lagi.

Sedangkan mereka yang memuji, memberikan dukungan pada Nike karena sudah berani menampilkan hal yang selama ini dianggap tabu. Menurut mereka yang mendukung sudah saatnya brand menampilkan tubuh wanita apa adanya sehingga sesama wanita tidak merasa malu lagi dengan diri mereka, termasuk dengan hadirnya bulu ketiak.

"I don't know why some people are bothered by this, body hair is normal," tulis netizen yang mendukung Nike. "We need more freedom in this world to do what we will with our bodies without someone trying to shame," tulis netizen lainnya.

Bagaimana menurut kamu? Apakah sudah saatnya iklan-iklan di media menampilkan tubuh wanita apa adanya tanpa harus diedit?


Ya Amplop! Kucing Ini Pingsan Habis Cium Ketiak Majikannya, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(eny/eny)