Terinspirasi Chanel, Ivan Gunawan Gelar Fashion Show di 'Hutan'

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 21 Mar 2019 07:37 WIB
Foto: Moh. Abduh/Wolipop Foto: Moh. Abduh/Wolipop

Jakarta - Bagi Ivan Gunawan, Karl Lagerfeld adalah satu-satunya sosok yang menginspirasinya dalam berkarya sebagai desainer. Maka ketika sang idola mengembuskan napas terakhir, Ivan merasa sangat kehilangan. Di peragaan koleksi baju Lebaran 2019 yang bertajuk 'Nostalgia', Ivan pun bernostalgia sambil mengenang perancang Chanel yang legendaris itu.

Peragaan yang menampilkan koleksi terbaru dari label Mandjha Hijab dan Khalif itu digelar di LiveSpace, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2019) sore. Khusus untuk perhelatan tersebut, area dalam bangunan berbentuk hanggar itu menjelma bak hutan di musim gugur.


Fashion show 'Nostalgia' persembahan Ivan Gunawan yang menampilkan koleksi baju Lebaran 2019.Fashion show 'Nostalgia' persembahan Ivan Gunawan yang menampilkan koleksi baju Lebaran 2019. (Foto: Moh. Abduh/Wolipop)
Panggung catwalk kali ini adalah lantai penuh dedaunan kering disertai lima pohon berdahan kering yang berdiri di tengah. Jelang peragaan, Ivan sempat beberapa kali memberi 'kisi-kisi' catwalk unik tersebut di Instagram.

Sepintas tata panggungnya mirip dengan fashion show Chanel koleksi busana siap pakai Fall-Winter 2018/2019 yang digelar saat Paris Fashion Week pada Maret tahun lalu. Ivan pun tak menampik bahwa ada kemiripan tersebut.

"Karl Lagerfeld adalah desainer yang saya pandang sebagai satu-satunya idola dan inspirasi. Kalau Karl bikin fashion show Chanel selalu spektakuler. Nggak pernah yang biasa-biasa saja. Ini yang coba saya lakukan. Bukan menjiplak, melainkan ingin merayakan sosok Karl sebagai ikon yang telah menginspirasi saya selama ini," ucap Ivan menjawab pertanyaan Wolipop saat jumpa pers sebelum peragaan.



TerKoleksi baju Lebaran 2019 dari Mandjha Hijab by Ivan Gunawan di fashion show 'Nostalgia' (Foto: Moh. Abduh/Wolipop)
Itu mengapa pula, Ivan memilih tweed sebagai material utama untuk koleksi Lebaran 2019 ini. Boleh dibilang, koleksi Chanel selama ini identik dengan busana-busana berbahan rajutan tersebut.

Dari segi siluet, terutama beberapa blazer bersiluet lurus, sesekali mengingatkan pada koleksi Chanel. Mungkin ini salah satu cara Ivan untuk mengakomodasi kebutuhan segala kalangan yang ingin terlihat 'mewah' tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Harga koleksi Mandjha Hijab dipatok dari Rp 150 ribuan untuk koleksi hijab sampai Rp 800 ribuan untuk atasan dan bawahan.

Terlepas dari kejeniusan Karl yang mengilhaminya, Ivan mencoba meramu koleksi Lebaran 2019 ini dengan gayanya tersendiri.

'Nostalgia' dipilih sebagai tajuk koleksi baju Lebaran 2019 untuk merepresentasikan kenangan manis yang membekas di benaknya saat berpelisan ke Eropa saat musim semi tahun lalu. Ketika itu, desainer yang juga presenter ini berkunjung ke Paris, London, Turki dan beberapa negara lainnya.



Koleksi 'Nostalgia' dipajang saat exclusive preview jelang peragaan.Koleksi 'Nostalgia' dipajang saat exclusive preview jelang peragaan. (Foto: Moh. Abduh/Wolipop)
"Waktu di sana, aku duduk diam sambil menikmati suasana. Lalu ada saja inspirasi yang datang bertubi-tubi. Entah itu dari arsitektur bangunannya, budayanya atau gaya busana orang-orangnya," kata Ivan kepada Wolipop saat menggelar pratinjau koleksi (preview) sepekan sebelum peragaan.

Baginya, musim semi adalah waktu yang ideal untuk bergaya modis dengan busana layering. Konsep busana berlapis itulah yang Ivan terapkan untuk koleksi Lebaran 2019.

Pria multitalenta ini sengaja memilih gaya layering untuk menawarkan opsi gaya berbusana yang lebih variatif bagi konsumen. Kendati begitu, pria 37 tahun ini tetap mengedepankan kenyamanan dan fungsi.

Misal bahan tweed dilapisi dengan furing berbahan katun agar tetap nyaman dipakai berlapis-lapis dengan busana lain di negara tropis seperti Indonesia. Untuk bahan, Ivan memasoknya dari dalam negeri sebagai upayanya untuk mendorong industri tekstil Tanah Air.

Hadir pula gamis dengan ritsleting di bagian depan. "Biasanya kan di belakang, tapi sekarang aku taruh di depan. Dari masukan pelanggan Mandjha, ritsleting di bagian depan lebih praktis buat ibu-ibu yang sedang menyusui," ujar keponakan desainer Adjie Notonegoro ini.

Koleksi terbaru dari Khalif.Koleksi terbaru dari Khalif. (Foto: Moh. Abduh/Wolipop)
Palet pastel hingga gelap mendominasi koleksi ini. Motifnya juga beragam, mulai dari gaya klasik yang terpengaruh dari bangunan kuno di Eropa sampai nuansa floral yang melambangkan keindahan musim semi di sana.

Khusus untuk hijab, presenter 'Brownis' Trans TV ini menawarkan sesuatu yang berbeda dari koleksi sebelumnya. Motif dibuat berbeda di setiap sudutnya. Jadi, pemakai bisa tampil berbeda setiap hari hanya dari satu lembar hijab.

Di jajaran busana pria, koleksi terbaru Khalif tak banyak berubah dari koleksi terdahulu. Menurut Ivan, pria pada umumnya tidak terlalu ribet untuk urusan busana. Namun, perpaduan dengan aksesori yang unik seperti tas gym berbahan karung goni dan topi-topi kekininan tetap membuat koleksi busana pria yang terkadang monoton terlihat lebih menarik.

Ivan Gunawan saat finale 'Nostalgia'.Ivan Gunawan saat finale 'Nostalgia'. (Foto: Moh. Abduh/Wolipop)
Tak tanggung-tanggung, Ivan menampilkan hampir 200 tampilan busana atau looks di peragaan tersebut. Sebagai pamungkas, muncul deretan selebriti bersama keluarganya yang kompak berlenggang dalam balutan busana muslim karya Ivan. Indra Bekti, Nola 'AB Three' dan Ramzi adalah beberapa di antara bintang sekaligus sahabat Ivan yang tampil.

Bukan tidak mungkin akan muncul anggapan bahwa presentasi koleksi Ivan kali ini terasa sangat 'Chanel'. Namun, komitmen Ivan untuk tetap berkarya sebagai desainer demi memajukan industri mode dalam negeri di tengah kesibukannya di dunia hiburan patut diapresiasi. (dtg/dtg)