Marc Jacobs Sanggah Tuduhan Plagiarisme Logo Nirvana

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 12 Mar 2019 16:55 WIB
Foto: Ben Gabbe/Getty Images for Marc Jacobs Foto: Ben Gabbe/Getty Images for Marc Jacobs

Los Angeles - Desember lalu Marc Jacobs sempat digugat atas tudingan plagiarisme logo Nirvana. Setelah hampir tiga bulan berlalu, Marc Jacobs pun akhirnya menanggapi gugatan tersebut.

Marc Jacobs melalui pengacaranya mengklaim gugatan dari Nirvana tidak didasari atas bukti yang kuat. Argumen tersebut sudah disampaikan kepada Pengadilan Negara Bagian California.


Gigi Hadid di acara peluncuran koleksi 'Bootleg Redux Grunge'.Gigi Hadid di acara peluncuran koleksi 'Bootleg Redux Grunge'. (Foto: Ben Gabbe/Getty Images for Marc Jacobs)

Menurut pihak Marc Jacobs, pihak Nirvana tidak memiliki hak cipta atas logo ikon tersenyum sebagaimana yang sudah diklaim di gugatannya lalu. Di samping itu, terdapat pula perbedaan desain antara logo Nirvana dan Marc Jacobs. "Atas alasan itu, gugatan tersebut harus dicabut karena gagal memberikan bukti otentik," demikian bunyi dokumen pihak Marc Jacobs seperti dikutip Billboard.

Perkara hukum ini bermula setelah Marc Jacobs meluncurkan koleksi 'Bootleg Redux Grunge' pada November 2018 untuk merayakan kelahiran koleksi bertema grunge rancangannya 25 tahun lalu. Beberapa produk dihiasi logo ikon tersenyum yang diklaim Nirvana mirip dengan logo band mereka.


Koleksi 'Bootleg Redux Grunge'.Koleksi 'Bootleg Redux Grunge'. (Foto: Ben Gabbe/Getty Images for Marc Jacobs)
Desainnya hadir dengan mata yang diganti huruf 'M' dan 'J', inisial dari Marc Jacobs. Dalam versi Nirvana, logo dihiasi mata berbentuk huruf 'x'. Jenis huruf onxy pada tulisan 'Heaven' di kaus Marc juga disebut mirip dengan nama Nirvana. Pihak Nirvana menegaskan bahwa gambar tersebut telah menjadi hak cipta mereka sejak 1992.

Tak hanya itu, band besutan mendiang Kurt Cobain itu, turut mempermasalahkan penggunaan kata 'grunge' pada nama. 'Bootleg Redux Grunge'. Disebutkan bahwa Nirvana yang menemukan istilah untuk genre musik tersebut.

[Gambas:Instagram]




(dtg/dtg)