Ini Cara Mencuci Sports Bra Agar Tidak Cepat Rusak

Silmia Putri - wolipop Minggu, 18 Nov 2018 10:44 WIB
Ilustrasi wanita berolahraga memakai sports bra. Foto: iStock Ilustrasi wanita berolahraga memakai sports bra. Foto: iStock

Jakarta - Sports bra memiliki desain khusus untuk melindungi payudara saat berolahraga. Mulai dari ukuran strap yang lebar agar tidak mengganggu peredaran darah, hingga desain cup yang lebih tangguh. Namun sayangnya, belum banyak yang mengetahui cara merawat sports bra dengan benar.

Menurut Ivon Liesmana, Senior Brand Activation Adidas, mencuci sports bra tidak jauh berbeda dengan mencuci bra biasa. Pertama, mencucinya harus menggunakan tangan dan menghindari mesin cuci.

"Terus, sebelum mencuci busanya dikeluarin. Kenapa? Karena seringkali ketika dijemur busanya itu belum kering. Jadi bra terlihat kering padahal belum. Nanti lama-lama bisa bau dan berjamur," terangnya pada acara Power Yoga beberapa lalu di kawasan Wijaya, Jakarta Selatan.

Ini Cara Mencuci Sports Bra Agar Tidak Cepat RusakIlustrasi sports bra. Foto: iStock

Namun, ada sedikit perbedaan dari merawat bra biasa. Setelah dipakai, disarankan sports bra dilepas dengan cepat. Hal ini mengingat selama berolahraga kita berkeringat dan keringat tersebut mengandung bakteri.

Setelah itu, rendam sports bra di air dengan suhu ruang untuk menanggalkan kandungan garamnya. Baru setelah itu dicuci dengan tangan dengan gerakan lembut.
Sebagaimana kita tahu, harga bra di pasaran tidaklah murah. Penting untuk menjaga kualitas bra agar tetap baik. Bra yang sudah kendor sebaiknya tidak dipakai, karena secara fungsinya sudah hilang. Merawat sports bra sama halnya dengan merawat proteksi payudara saat berolahraga.
(sil/hst)