Kendall Jenner tampil dengan Rambut kribo, Netizen Bilang Perampasan Budaya

Alissa Safiera - wolipop Selasa, 23 Okt 2018 14:08 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images

Jakarta - Keluarga Kardashian/Jenner bukan satu atau dua kali memicu kontroversi budaya. Pada pemotretan Kendall Jenner yang terbaru pun demikian.

Kendall Jenner baru-baru ini melakukan pemotretan mode dengan majalah Vogue Amerika. Di foto itu, Kendall mencoba gaya rambut baru yakni afro atau kribo.

Dua gambar yang dipublikasikan Vogue lewat Instagramnya, menunjukkan Kendall dengan gaya rambut kribo untuk merayakan 15 tahun CFDA/Vogue Fashion Fund. Sayang, banyak followers Vogue tidak suka dengan konsep ini.

[Gambas:Instagram]



"Kenapa kamu menggunakan selebriti kulit putih untuk pemotretan ini dibanding dengan orang yang memiliki warna kulit gelap, tentunya memiliki gaya rambut ini secara natural," kata seorang pengguna Instagram di kolom komentar.

"Sekarang wanita kulit hitam akan semakin dipuji karena penampilan alaminya dan melihat seorang wanita kulit putih yang cantik sedang mencoba untuk membajak seperti biasanya," tulis yang lain.

Netizen juga bingung mengapa Kendall yang notabene memiliki rambut lurus harus tampil dengan rambut kribo, sementara model lainnya, Imaan Hammam yang berkulit gelap malah tampil dengan rambut diluruskan.

"Direktur kreatif boleh melakukan apapun, tapi kenapa tidak membiarkan rambut Imaan natural saja daripada meluruskannya? Jadi mereka tidak perlu membuat rambut Kendall jadi afro," ungkap netizen.

Vogue pun akhirnya menanggapi kontroversi yang beredar di media sosial.

"Gambar ini dimaksudkan untuk pembaruan dari rambut Edwardian/Gibson Girl yang romantis, terasa sesuai dengan nuansa pada periode Koleksi Brock, juga rambut besar di era '60 hingga awal '70-an. Kami mohon maaf bila itu terlihat berbeda dari apa yang dimaksudkan, dan tidak bermaksud menyinggung siapapun dengan ini," tulis Vogue dikutip Fashionista.



Tonton juga 'Ups! Kendall Jenner Akui Bikin Akun Palsu Buat Kepoin Mantan':

[Gambas:Video 20detik]


(asf/asf)