Jelajah 6 Kota di Dunia Lewat Koleksi Dian Pelangi Hingga Ria Miranda

Silmia Putri - wolipop Minggu, 21 Okt 2018 12:04 WIB
Foto: Dok. Moh. Abduh/Wolipop Foto: Dok. Moh. Abduh/Wolipop

Jakarta - Setiap kota di dunia punya cerita berbeda. Dari keindahan alam, bangunan, budaya, hingga karakteristik warganya. Simfoni dan harmoni tersebut takkan pernah habis menjadi inspirasi yang dituangkan dalam busana.

Hal itulah yang dilakukan tujuh desainer Indonesia; Dian Pelangi, Barli Asmara, Restu Anggraini, Ria Miranda, Norma Hauri, Zaskia Sungkar, dan Shireen Sungkar bersama Wardah Cosmetics. Terinspirasi dari enam kota berbeda di dunia, yakni New York, Tokyo, Paris, Seoul, Dubai, dan Jakarta, mereka menyajikan warna-warni busana yang memikat pada perhelatan Jakarta Modest Fashion Week 2018 di Senayan City Jakarta, tepatnya hari Sabtu (20/10/2018).

Pertunjukkan bertajuk 'The Unstopable You' dibuka oleh Dian Pelangi. Masih dalam warna pelangi, Dian menyajikan busana yang lebih sporty dari biasanya. Ia memadukan siluet street style seperti oversized sweater dan typography belt dengan payet yang glamor.

Dian menggoreskan gemerlap kota New York pada koleksinya kali ini. Tampaknya Dian ingin memasukkan tren 'hypebeast'. Terlihat dari aksesori seperti waist pack hingga 'dad sneakers' dari Adidas yang ikut eksis di peragaan busananya.
Jelajah 6 Kota di Dunia Lewat Koleksi Dian Pelangi Hingga Ria MirandaFoto: Dok. Moh. Abduh/Wolipop

Pindah nuansa ke koleksi Zashi, yang dikelola oleh duo kakak beradik Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar. Koleksi yang terinspirasi dari kota Dubai ini tampak sangat anggun dengan warna-warna earth tone.

Hampir semua koleksi didominasi dress dan potongan longgar. Hal ini mengikuti sang desainer yang kini memutuskan untuk tampil syar'i di kesehariannya.

Tak kalah seru,RestuAnggraini sukses membawa penonton seakan sedang beradadiTokyo. Iamem
Jelajah 6 Kota di Dunia Lewat Koleksi Dian Pelangi Hingga Ria MirandaFoto: Dok. Moh. Abduh/Wolipop
bawa siluet kimono dan keindahan bunga sakura tiga dimensi ke dalam busananya.

Aksen yang paling mencuri perhatian adalah detail obi di bagian belakang gaun yang tampak indah dan presisi. Potongan origami pun ikut menginspirasi karyanya. Dengan warna-warna manis, tampaknya koleksinya ini bisa disebut sebagai salah satu yang terbaik sepanjang karir fashion-Etu.

Selanjutnya ada Ria Miranda. Desainer cantik ini kembali menunjukkan jati dirinya yang manis. Bedanya, ia meluncurkan corak baru yang lebih playful yang terinspirasi dari Seoul, Korea. Siluet busana feminin masih mendominasi koleksinya.

Hal yang paling mengejutkan adalah koleksi Norma Hauri. Jika biasanya Norma selalu bermain 'anggun' dengan busana klasiknya, kini ia berani membawa warna-warni kota Jakarta yangterang benderang.

Potongan busananya tak lagi terpaku pada potongan klasik. Ia mencoba bermain dengan baloon sleeve dan pola asimetris. Tampaknya kita harus acungkan jempol untuk Norma atas keberaniannya keluar dari zona nyaman.
Jelajah 6 Kota di Dunia Lewat Koleksi Dian Pelangi Hingga Ria MirandaFoto: Dok. Moh. Abduh/Wolipop

Terakhir, koleksi paling manis dipersembahkan oleh Barli Asmara. Terinspirasi dari Paris di abad 18, Barli memilih sisi feminitas dan romantisme kota tersebut. Corak bunga yang dituangkan ke dalam flowy dress serta gaun berbahan lace mendominasi koleksinya.

Meski menampilkan koleksi terbanyak yaitu 20 look, penonton dibuat tak beranjak karena suguhan-suguhan menarik dari detail busananya. Aksen ruffle, kain sifon yang flowy, serta bunga-bunga yang bemekaran, mengukuhkan Barli Asmara sebagai sosok yang mampu membuat suasana romantis.
Jelajah 6 Kota di Dunia Lewat Koleksi Dian Pelangi Hingga Ria MirandaFoto: Dok. Moh. Abduh/Wolipop

Seperti di pertunjukkan Wardah sebelumnya, ada deretan muse hingga musisi yang meramaikan suasana. Dewi Sandra hingga Amanda Rawles berhasil mencuri perhatian. Begitu pula dengan permainan biola Iskandar Widjaja dan renyahnya suara nyanyian Vidi Aldiano berhasil menghibur para penonton.

Tonton video 'Serba Urban dari Dian Pelangi hingga Barli Asmara di JFW 2019':



(sil/asf)