Ini Batik Motif Garuda Kujang Kencana Buatan Ridwan Kamil

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 02 Okt 2018 16:48 WIB
Ridwan Kamil memakai batik yang didesainnya sendiri. Foto: Mochamad Solehudin Ridwan Kamil memakai batik yang didesainnya sendiri. Foto: Mochamad Solehudin

Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memamerkan karyanya mendesain motif batik di Hari Batik Nasional. Seperti apa motif batik buatan sang gubernur? Dan apa filosofinya?

Melalui akun Instagram, Ridwan Kamil memperlihatkan batik yang motifnya dia buat sendiri dan diberi nama Garuda Kujang Kencana. Gubernur yang akrab disapa Emil itu mengungkapkan pada keterangan foto bahwa motif batik tersebut dibuatnya berkolaborasi dengan brand batik asal Bandung, Rumah Batik Komar.

"Mari warga Jawa Barat dan netizen yang cinta budaya Indonesia, untuk memakai batik besok seharian. Di foto adalah batik karya desain saya yang berjudul "Garuda Kujang Kencana," tulisnya.

Emil membuat desain motif batik Garuda Kujang Kencana itu pada 2017. Dia mengaku hanya iseng mencoba membuat motif batik karena dalam kesehariannya sering memakai baju batik, terutama untuk acara formal.

Batik Garuda Kujang Kencana karya Ridwan Kamil.Batik Garuda Kujang Kencana karya Ridwan Kamil. Foto: Dok. Instagram Ridwan Kamil


Motif batik karya mantan walikota Bandung ini terlihat terbagi dua. Pada sebelah kanan adalah gambar burung Garuda dan sebelah kiri gambar senjata khas Jawa Barat, Kujang dan inisial namanya RK. Emil juga membuat bulatan-bulatan kecil yang mengeliling kedua gambar tersebut. Jumlah bulatan pada motif batik karya sang gubernur ini berbeda-beda.

"Temanya batik pribadi dengan diagonal mandala wibawa religius sundawi nasionalis. 6 titik rukun iman. 5 titik rukun islam. 2 titik artinya tidak jomblo lagi," ungkapnya.

Emil mencetak motif batiknya itu ke dalam kemeja dengan warna yang berbeda-beda. Dua warna yang sudah terlihat dipakainya adalah kemeja batik berwarna biru dan merah.

Rumah Batik Komar yang digandeng Emil untuk mendesain batik dikenal sebagai brand batik khas Pasundan. Brand tersebut didrikan oleh Dr. H. Komarudin Kudiya S.Ip., M.Ds. yang sudah membawa karya batiknya ke berbagai belahan dunia.


(eny/eny)