Ini Pesan Inspiratif dari Iklan Nike 'Colin Kaepernick' yang Diprotes Trump

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 06 Sep 2018 15:27 WIB
Colin Kaepernick tidak berdiri untuk menghormati pengibaran bendera dan lagu kebangsaan Amerika yang dikumandangkan jelang pertandingan football. Foto: Getty Images
Jakarta - Donald Trump dan segelintir orang sibuk memprotes iklan Nike yang dibintangi Colin Kaepernick. Namun di sisi lain Nike dan Colin mendapat banyak dukungan karena iklan yang ditampilkan menginspirasi.

Setelah merilis foto iklan yang menampilkan wajah Colin Kaepernick dalam kampanye Just Do It, Nike meluncurkan lagi video iklan tersebut di YouTube pada Rabu (5/9/2018). Dalam video Nike - Dream Crazy itu, Colin tampil bersama sejumlah atlet lainnya seperti Lebron James dan Serena Williams.

Seperti dikutip dari CNBC Amerika, video iklan Nike yang dibintangi Colin Kaepernick jauh dari nuansa politik. Video tersebut tidak membahas apapun terkait sikap politik atlet football tersebut yang memilih tidak berdiri ketika lagu kebangsaan Amerika berkumandang karena memprotes tindakan diskiminatif dan rasis yang dialami orang-orang pemilik kulit berwarna.

Iklan berdurasi dua menit lima detik itu konsisten dengan kampanye Nike selama ini yaitu tentang Just Do It. Melalui video yang dibintangi Colin tersebut, Nike ingin menyampaikan kepada semua orang bahwa sebuah mimpi itu harus dikejar dan diraih setinggi mungkin.

Baca Juga: Foto: Melihat Lagi Deretan Iklan Nike yang Picu Kontroversi

Iklan Nike Colin Kaepernick.Iklan Nike Colin Kaepernick. Foto: Dok. Getty Images


Colin tampil sebagai narator dalam video iklannya tersebut. "Jika orang lain mengatakan mimpimu itu gila, jika mereka menertawakanmu pada hal-hal yang kamu pikir kamu bisa lakukan, bagus, tetaplah seperti itu, karena mereka yang tidak percaya itu gagal memahami bahwa ketika mereka menyebut sebuah mimpi itu gila, itu bukanlah penghinaan, melainkan pujian," demikian kata atlet football yang meraih banyak dukungan, termasuk dari para selebriti, setelah aksinya tidak menghormati lagu kebangsaan menjadi viral.

Video iklan Nike itu kemudian menampilkan sederet aksi atlet profesional. Ada atlet football yang kondisi tangannya tidak sempurna namun tetap bisa meraih sukses, atlet berhijab, atlet tanpa kaki hingga Lebron James dan Serena Williams. Mereka semua membuktikan bahwa mengejar mimpi itu bisa dilakukan. Malah Serena dan Lebron membuktikan kini mereka menjadi yang terbaik di bidangnya.

"Jangan hanya mencoba menjadi pelari tercepat di sekolah atau tercepat di dunia. Jadilah yang paling tercepat di manapun," kata Colin sang narator.

"Jadi jangan bertanya apakah mimpimu itu gila. Justru bertanyalah apakah mimpimu sudah cukup gila," tambah Colin berucap lagi dalam narasinya di video yang sudah ditonton lebih dari empat juta kali tersebut.

Pesan positif yang disampaikan Nike dalam video tersebut sukses menarik simpati. Apex Marketing Group pun mengungkapkan Nike sukses mendapatkan pemberitaan media bernilai US$ 43 juta. Dan sebagian besar pemberitaan itu positif.

"Sekarang ini mereka (Nike) memenangkan pertarungan dari publik," ujar pemimpin Apex Marketing Group, Eric Smallwood.




(eny/eny)