Diana Putri, Desainer Surabaya Perancang Gaun Putri Kerajaan Georgia

Hilda Meilisa Rinanda - wolipop Senin, 20 Agu 2018 17:19 WIB
Foto: Hilda Meilisa Rinanda Foto: Hilda Meilisa Rinanda

Surabaya - Kiprah desainer asal Surabaya Diana Putri di dunia fashion Internasional sudah tak diragukan lagi. Baru-baru ini, Diana didapuk menjadi salah satu perancang gaun Princess of Georgia, Putri Kristine Bagration saat bertandang ke Indonesia.

Awalnya, Diana mengaku tak menyangka desain bajunya akan dipakai salah satu putri kerajaan. Diana merasa sangat terhormat bisa membuat rancangan gaun khusus untuk sang putri. Menurutnya, ini merupakan pengalaman pertamanya.

Diana menceritakan awalnya dia dipilih untuk menampilkan karyanya pada acara Gala Merah Putih yang dihadiri langsung oleh Pangeran Juan dan istrinya. Acara ini digelar oleh Pernikers yang bekerjasama dengan Yudi Harijono.

Diana Putri bersama Putri Kristine Bagration dari Georgia. Foto: Hilda Meilisa Rinanda

"Awalnya dari Pernikers dan Yudi Harijono mengadakan acara, menyambut kedatangan Prince Juan dan Princess Kristine, mereka kan baru menikah sekitar 2 atau 3 bulan yang lalu. lalu Mereka mengadakan kunjungan ke Indonesia, sebelumnya mereka sudah ke Manado dan Bali," ujar Diana membuka ceritanya saat dikunjungi detikcom di kediamannya di Surabaya, Senin (20/8/2018).

Dalam acara tersebut, ada fashion show dari tiga desainer. Diana merupakan satu dari tiga desainer yang terpilih. Di sini, Diana menjadi penutup acara dengan menampilkan 10 rancangannya. Tak hanya itu, dia juga dipercaya membuat gaun Putri Kristine.

"Nah, waktu itu ada tiga fashion designer yang kepilih untuk fashion show, kebetulan saya sebagai closing dari fashion show itu. Setiap fashion designer itu boleh mempresentasikan karya delapan saja tapi khusus untuk saya bisa 10 karena saya adalah closing," ungkapnya.

Ditanya bagaimana proses saat dia dipilih, Diana mengisahkan Putri Kristine awalnya tertarik pada desainnya. Sebelumnya, Yudi Harijono yang cukup dekat dengan Princess Kristine menawarkan beberapa desainer, namun dia lebih tertarik dengan gaun-gaun Diana. Melihat hal ini, Diana pun bersemangat menyajikan gaun terbaik untuk Princess of Georgia.
Diana Putri bersama Putri Kristine Bagration dari Georgia. Foto: Hilda Meilisa Rinanda

"Jadi gini, Bapak Yudi harijono ini adalah teman baik dari keluarga Prince and Princess, sehingga waktu itu bapak Yudi itu menawarkan pada Princess beberapa fashion designer. Nah, atas persetujuan Princess akhirnya beliau memilih saya," ujar Diana.

Untuk waktu pengerjaan, Diana mengaku cukup singkat, dia mengatakan desainnya lebih banyak melalui persetujuan dengan Yudi Harijono. Namun untuk pengerjaan hanya ada waktu sekitar 5-6 hari.

"Ada waktu sekitar 5-6 hari itu secara keseluruhan, baik desain dan pengerjaannya. Jadi benar-benar hectic," paparnya.

Untuk desainnya tersebut, Diana mempertimbangkan banyak hal. Lantaran membuat baju untuk Putri Kerajaan, dia tak main-main dalam hal memilih bahan hingga membuat desain yang mewah dan elegan.
Diana Putri bersama Pangeran Juan dan Putri Kristine dari Georgia. Foto: Hilda Meilisa Rinanda

"Saya mikir desainnya kira-kira yang cocok untuk itu bagaimana, acaranya kan siang hari itu, apa yang enak jangan terlalu berat tapi masih nyaman, dan tetap mewah. Karena keluarga kerajaan kan harus tertutup tapi tetap anggun," ungkapnya.

Untuk itu, Diana membuat rancangan dengan sentuhan Indonesia namun tak meninggalkan unsur internasional. Dia pun menambahkan aksen Garuda pada gaun sang putri.

"Saya ingin membuat suatu karya rancangan yang baru tetap bernuansa Indonesia, tapi dengan style internasional. Jadi tetep desain, siluet, cutting, keluarga bangsawan kan nggak suka yang terlalu ribet, terlalu aneh-aneh, jadi tetap siluetnya itu tetap internasional dengan ada sedikit klip itu supaya lebih kelihatan kalau beliau itu seorang Princess," papar Diana.

Tak hanya itu, Diana juga memberikan hadiah gaun kepada Putri Kristine. Tak disangkanya sang putri sangat menyukai gaunnya dan berkata jika gaun tersebut akan digunakan pada perayaan ulang tahunnya September 2018 mendatang.

"Jadi saya kasih gift dan dia suka banget, dia bilang gaun itu akan dipakai nanti waktu perayaan ulang tahunnya," imbuhnya.


(hst/hst)