Rilis Koleksi Busana Baru, Biyan Terinspirasi Karya Pelukis Rusia

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 23 Mei 2018 04:12 WIB
Fashion show koleksi Spring-Summer 2019 dari Biyan di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, Selasa (22/5/2018). Foto: Muhammad Abduh/Wolipop Fashion show koleksi Spring-Summer 2019 dari Biyan di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, Selasa (22/5/2018). Foto: Muhammad Abduh/Wolipop

Jakarta - Bagi desainer Biyan Wanaatmadja, inspirasi bisa datang dari mana saja. Tanpa terkecuali dari pengalamannya saat tersesat di museum. Inspirasi itu lantas menjelma dengan indahnya ke dalam jajaran busana Spring-Summer 2019 dari lini pertamanya, Biyan.

Koleksi tersebut naik pentas untuk kali pertamanya di peragaan tunggal yang berlangsung di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, Selasa (22/5/2018) malam. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 125 tampilan busana (looks) siap pakai ditampilkan oleh 55 model malam itu.

Diungkapkan desainer yang sudah lebih dari tiga dekade berkarya itu, inspirasi koleksinya kali ini berangkat dari hobinya berkunjung ke museum.

Setiap melancong ke suatu kota atau negara, Biyan selalu menyempatkan diri mendatangi museum setempat. "Bukan untuk melihat suatu pameran khusus, melainkan merasakan sensasi dari tersesat di museum," ujar desainer lulusan The London College of Fashion, London, Inggris, itu jelang peragaan.

Baca Juga: 25 Koleksi Busana Tenun Sumba Karya Biyan Wanaatmadja

Fashion show koleksi Spring-Summer 2019 dari Biyan. Fashion show koleksi Spring-Summer 2019 dari Biyan. Foto: Muhammad Abduh/Wolipop


Menurut Biyan, ada sensasi tersendiri ketika dirinya 'menghilang' saat berkelana di museum. Alih-alih mencari arah, Biyan membiarkan koleksi-koleksi di museum yang menemukannya. "Di museum, kita bisa mengenal sejarah peradaban seni dan manusia. Dari situ pula, kita juga belajar bagaimana kesungguhan, cinta, dan keyakinan dari hati melahirkan karya-karya indah yang timeless," jelas Biyan.

Suatu kali, kunjungannya di sebuah museum membawa Biyan pada lukisan-lukisan karya Ivan Kuzmich Makarov dari abad-19. Lahir pada 23 Maret 1822, pelukis asal Rusia itu dikenal dengan lukisan realis berupa potret wajah perempuan.

Baca Juga: Desainer Biyan Raih Pia Awards 2017

Mengaku bukan penggemar lukisan bergaya realis, Biyan menemukan daya tarik tersendiri dari karya Makarov. "Very simply classic beauty. Ada makna yang mendalam. I'm just falling in love with it," terang desainer yang karyanya kerap membungkus tubuh aktris Hollywood itu.

Fashion show koleksi Spring-Summer 2019 dari Biyan. Fashion show koleksi Spring-Summer 2019 dari Biyan. Foto: Muhammad Abduh/Wolipop


Inspirasi tersebut lalu Biyan tuangkan ke dalam pilihan busana yang terkesan feminin, lembut, dan lebih ringan dari koleksi terdahulu. Biyan juga mengedepankan keterpakaian busana agar mudah dipadu-padankan.

Siluet oversized turut mendominasi koleksi ini dalam potongan a-line gown, puffed sleeves dan drapery. Tidak ketinggalan gaun bergaya baby-doll atau kaftan yang dipermanis dengan permainan motif-motif floral yang romantis serta detail tiga dimensi yang memukau. Adapun warnanya banyak terpengaruh dari palet pastel pada lukisan Makarov.

Untuk koleksi ini, Biyan juga mengeksplor material yang cukup bervariasi, mulai dari katun, sutra, tulle, sulaman, hingga sutra cetak. "Different layer, through different layer. Kadang harus berlapis untuk menemukan berat yang diinginkan. Kadang ketebalannya berbeda, tapi jatuh sama," ungkap Biyan.

Pada kesempatan itu, Biyan sekaligus mengumumkan kolaborasinya dengan situs belanja JD.ID. Untuk saat ini, baru koleksi lini kedua Biyan, Studio 133 Biyan yang tersedia di situs tersebut.



(dng/eny)