ADVERTISEMENT

Kondisi Menyedihkan Kandang Hewan yang Bulunya Diambil Demi Fashion

Eny Kartikawati - wolipop Rabu, 18 Apr 2018 08:11 WIB
Serigala berbulu perak. Foto: Dok. Oikeutta Eläimille
Finlandia - Serigala-serigala ini tinggal di tempat yang menyedihkan. Mereka 'dipenjara' karena memiliki bulu yang sangat indah.

Sebuah video yang dirilis Oikeutta Eläimille, organisasi di Finlandia yang melindungi hak binatang menunjukkan kondisi menyedihkan sekumpulan serigala. Hewan-hewan yang aslinya hidup di alam liar itu ditempatkan di kandang kayu dan besi yang mirip kandang ayam.

Seperti dikutip Mirror, Oikeutta Eläimille melakukan penyelidikan secara diam-diam pada kandang serigala dengan bulu silver atau perak itu. Dari hasil investigas ditemukan betapa hewan-hewan tersebut diperlakukan secara menyedihkan demi diambil bulunya di sebuah peternakan di kawasan barat Finlandia.
Kondisi Menyedihkan Kandang Hewan yang Bulunya Diambil Demi FashionSerigala berbulu perak. Foto: Dok. Oikeutta Eläimille

Serigala-serigala tersebut sengaja dibuat menjadi overweight atau sangat gemuk agar bulu mereka semakin tebal. Saking gemuknya, hewan-hewan ini jadi sulit bergerak. Bahkan mata mereka sampai infeksi karena bulu yang tebal menutupi mata.

Keprihatinan pun datang dari berbagai pihak setelah video tersebut viral. "Video ini menunjukkan hewan yang mengalami kegemukan, sakit dan mentalnya hancur, disia-siakan demi perdagangan bulu yang mengklaim bahwa bulu hewan ini diternak dengan cara baik-baik," ujar Claire Bass dari Humane Society International UK.
Kondisi Menyedihkan Kandang Hewan yang Bulunya Diambil Demi FashionKandang serigala yang bulunya diambil demi fashion. Foto: Dok. Oikeutta Eläimille

"Sangat menyedihkan melihat hewan-hewan indah dan pintar ini dipenjara seumur hidup mereka di kandang kecil di peternakan bulu. Hewan-hewan ini sangat tidak layak untuk berada di peternakan," kecam pakar alam liar Chris Packham.

Serigala-serigala yang ada di peternakan ini menurut Oikeutta Eläimille, memiliki bulu berwarna perak yang sangat indah. Bulu-bulu mereka akan dijual ke pasar Inggris. Menurut Mirror, lebih dari 2,5 juta poundsterling produk bulu diimpor dari Finlandia ke Inggris dalam lima tahun terakhir. (eny/hst)