Paris Fashion Week 2018

Sulap Gedung Jadi Hutan, Chanel Dituding Tebang Pohon Berusia Ratusan Tahun

Hestianingsih - wolipop Rabu, 07 Mar 2018 18:31 WIB
Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images

Paris - Untuk kesekian kalinya, Chanel menyuguhkan pemandangan spektakuler untuk fashion show-nya. Kali ini brand asal Prancis itu mengubah gedung Grand Palais di Paris, menjadi hutan cantik dengan nuansa musim gugur nan dramatis.

Untuk menghadirkan hutan cantik tersebut ke fashion show Fall/Winter 2018-2019, Chanel menggunakan daun-daun kering yang disebar di seluruh lantai ruangan. Dihadirkan pula pepohonan asli untuk semakin mengentalkan nuansa hutan.

Sulap Gedung Jadi Hutan, Chanel Dituding Tebang Pohon Berusia Ratusan TahunFashion show Chanel di Paris, Prancis. Foto: Instagram/chanel

Sebuah pertunjukan indah, namun berujung kecaman keras dari pemerhati lingkungan. Organisasi France Nature Environment menuding Chanel telah menebang pohon-pohon yang usianya sudah tua demi dekorasi fashion show. Padahal, pohon tua harusnya dijaga kelestariannya.

Baca Juga: 5 Tren dari Fashion Show Chanel Ini Patut Kamu Lirik

France Nature Environment menyatakan seperti dikutip dari ABS CBN News, "Chanel mencoba membuat imej yang lebih hijau tapi justru menghancurkan realitas untuk melindungi alam."

Chanel dan Karl Lagerfeld sebagai creative director dinilai organisasi tersebut telah gagal merepresentasikan keindahan alam ke dalam fashion show-nya.
Sulap Gedung Jadi Hutan, Chanel Dituding Tebang Pohon Berusia Ratusan TahunFashion show Chanel di Paris, Prancis. Foto: Instagram/chanel

"(Konsep) alam bukan dengan menebang pohon di hutan, menaruhnya selama beberapa jam untuk sebuah pertunjukan kemudian dibuang," tulis France Nature Environment.

Chanel pun segera menampik tuduhan organisasi pemerhati lingkungan tersebut. Selasa (6/3/2018), pihaknya menyatakan bahwa tidak ada satupun dari pohon-pohon yang ditampilkan di fashion show berasal dari hutan di bagian barat Prancis yang usianya sudah berabad-abad.

Baca Juga: Karl Lagerfeld Bawa 'Menara Eiffel' ke Gedung Fashion Show Chanel

"Saat membeli pohon-pohon itu Chanel juga berjanji akan menanam kembali 100 pohon oak di jantung hutan yang sama," klaim Chanel.

Terlepas dari tudingan tersebut, Chanel memang sukses menghadirkan kembali fashion show spektakuler yang tidak mudah terlupakan.
(hst/hst)