Setelah Harvey Weinsten, Kini Fotografer Fashion Jadi Tertuduh Pelecehan Seks

Alissa Safiera - wolipop Rabu, 25 Okt 2017 15:10 WIB
Foto: Dok. Getty Images
Jakarta - Nama fotografer Terry Richardson menjadi sorotan pekan ini. Bukan soal hasil karyanya yang sering dipakai brand terkenal sekelas Marc Jacobs atau Tom Ford, namun perilakunya yang tidak pantas terhadap para modelnya.

Fotografer berusia 52 tahun ini sudah memiliki nama besar di industri fashion dunia, khususnya Amerika. Berbagai brand dan majalah seperti Harper's Bazaar, Vogue hingga GQ biasa menggunakan keahliannya untuk membuat hasil foto yang dramatis. Karyanya pun dikenal kerap menampilkan unsur-unsur seksual, dari mulai model tak berbusana atau memeragakan gerakan seks.

Kesuksesan Terry di industri mode nyatanya diiringi dengan cerita buruk dari model-model yang pernah bekerjasama dengannya. Para model tersebut melaporkan bila mereka dilecehkan secara seksual oleh fotografer fashion ini.

Kasus ini terkuak setelah banyak korban mulai berani bicara, seperti skandal yang dilakukan sutradara Harvey Weinstein, yang juga ramai beberapa waktu terakhir. Langsung setelah isu berkembang dan makin ramai dibicarakan, Conde Nast; kantor publikasi yang menaungi Vogue, GQ dan Glamour pun membuat pernyataan resmi soal melarang memakai karya si fotografer dalam tiap terbitannya.
Setelah Harvey Weinsten, Kini Fotografer Fashion Jadi Tertuduh Pelecehan SeksFoto: Dok. Getty Images

Vice President dan Chief Operating Officer James Woolhouse memuat pernyataan tersebut lewat surel yang dikirimkan secara resmi ke berbagai media.

"Saya menulis ini tentang masalah penting. Conde Nast tidak lagi bekerjasama dengan fotografer Terry Richardson. Setiap foto yang telah atau belum dipublikasikan akan diberantas dan diganti dengan materi yang lainnya. Tolong perhatikan bila peraturan ini berlaku di lokasi Anda dengan segera. Terima kasih atas dukungan Anda dalam hal ini," tulis pernyataan pihak Conde Nast.
Setelah Harvey Weinsten, Kini Fotografer Fashion Jadi Tertuduh Pelecehan SeksFoto: Dok. Getty Images

Sebenarnya berita soal pelecehan yang dilakukan Terry sudah mulai muncul sejak 2001. Seorang model bernama Liksula Cohen pernah bercerita saat ia diminta membuka busananya oleh Terry yang saat itu juga tak berbusana. Kemudian aktris dan model Coco Rocha juga pernah diminta menyemburkan susu dari mulutnya oleh Terry ketika melangsungkan pemotretan untuk Vogue Prancis. Ketika itu Coco sudah mengatakan ia tidak nyaman melakukannya.

Atas isu tersebut, brand seperti Target, Aldo dan H&M memutuskan hubungan kerja dengan fotografer itu di tahun 2014. Namun brand besar sekelas Valentino, majalah mode CR Fashion Book dan selebriti seperti Kylie Jenner atau Lady Gaga tetap memakai jasa sang fotografer.
Setelah Harvey Weinsten, Kini Fotografer Fashion Jadi Tertuduh Pelecehan SeksFoto: Instagram
(asf/asf)