Jakarta Fashion Week 2018

Dian Pelangi Ciptakan Motif Batik Baru Bernama Arsiran

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 23 Okt 2017 11:09 WIB
Foto: Muhammad Abduh/Detikcom Foto: Muhammad Abduh/Detikcom

Jakarta - Desainer Dian Pelangi terus berkomitmen melestarikan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Kali ini Dian membuktikannya dengan memperkenalkan Arsiran, motif batik baru ciptaannya. Seperti apa?

Motif Arsiran tampil perdana di 'Color Euphoria', fashion show persembahan Wardah di Jakarta Fashion Week 2018, Minggu (22/10/2017) malam.

Dalam proses kreatifnya, Dian mengaplikasikan teknik yang berbeda dalam menciptakan motif ini. Alih-alih canting, desainer asal Palembang ini menggunakan kuas untuk membatik motif di atas kain.

"Masih tetap pakai malam, lalu ada proses lorot juga. Hanya cara membatiknya saja yang beda, yaitu pakai kuas," jelas Dian jelang fashion show.

Dian Pelangi Ciptakan Motif Batik Baru Bernama ArsiranFoto: Muhammad Abduh/Detikcom


Desainer berdarah Palembang itu lalu 'melukiskan' motif tersebut di atas kain sutra sebagai material utama. Dinamakan Arsiran karena motif yang tercipta seperti arsiran hasil goresan kuas.

"Sumber inspirasi motifnya sendiri datang dari kedinamisan sejumlah pekan mode dunia yang aku hadiri belakangan ini," kata pendiri komunitas hijabers pertama di Indonesia ini.

Dian Pelangi Ciptakan Motif Batik Baru Bernama ArsiranFoto: Muhammad Abduh/Detikcom


Dengan look yang kind atau bersahaja, Dian menyulap kanvasnya menjadi pilihan modest wear yang stylish dengan permainan detail beading yang menawan. Pilihan outerwear dengan sapuan warna-warna alam mendominasi koleksi ini. Malam itu, fashion show juga diwarnai oleh penampilan muse sang desainer, aktris senior Inneke Koesherawati.

Selain Dian Pelangi, 'Color Euphoria', juga menampilkan karya teranyar dari Barli Asmara, Zaskia Sungkar, dan Ria Miranda.



(dng/eny)