Cantiknya Happy Djarot Pakai Batik Urban Motif Semanggi

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 29 Sep 2017 13:13 WIB
Foto: Anggi Mayasari/Wolipop
Jakarta - Sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta, Happy Djarot Saiful Hidayat giat mempromosikan kearifan budaya lokal dalam fashion batik. Hadir di peluncuran buku bertajuk Lenggang Batik Jakarta pada Kamis (28/9/2017), Happy Djarot menebar pesonanya dalam balutan batik urban motif semanggi.

Happy Djarot tampil anggun dengan gaun panjang model A-line bernuansa orange. Dihiasi dengan belt hitam dan terusan bermotif batik semanggi membuat Happy semakin terlihat cantik.

Tatanan rambut panjang istri Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat, ini disanggul. Sementara itu, wajah Happy terpulas makeup natural dan senada dengan gaunnya.
Cantiknya Happy Djarot Pakai Batik Urban Motif SemanggiFoto: Anggi Mayasari/Wolipop

"Ini adalah ikon semanggi. Kita inginkan semua pengrajin bisa memiliki karya dengan batik, termasuk dangan motif semanggi dan memanfaatkan momen simpang susun semanggi kemarin," ungkap Happy di Monas Djakarta Fountain, Jakarta Pusat, Kamis (28/9/2017).

Semanggi sendiri adalah sesemakan berdaun tiga. Namun, batik motif semanggi yang dikenakan Happy ini berdaun empat. Ya, secara istimewa memang ada pula semanggi berdaun empat yang konon menjadi lambang keberuntungan.
Cantiknya Happy Djarot Pakai Batik Urban Motif SemanggiFoto: Anggi Mayasari/Wolipop

Berdasarkan buku Lenggang Batik Jakarta, cerita batik motif semanggi berhelai empat yang disatukan dengan tangkai indah sama artiannya dengan Simpang Susun Semanggi yang menyatukan empat penjuru angin Kota Jakarta dengan jembatan indahnya.

Masih di gelaran acara peluncuran buku Lenggang Batik Jakarta, pada malam harinya Happy juga tampil cantik dengan batik motif semanggi lagi. Kali ini Happy mengenakan kebaya encim berwarna pink. Untuk bawahan, ia memilih rok midi bermotif semanggi berdaun empat yang senada dengan kebayanya.
Cantiknya Happy Djarot Pakai Batik Urban Motif SemanggiFoto: Hasan

Batik Semanggi ini merupakan hasil kolaborasi desainer Citra Subyakto dari Sejauh Mata Memandang dengan pengrajin batik rusun Marunda. Kolaborasi itu menghasilkan motif seri Taman Semanggi, Jembatan Semanggi, Lalu Lintas Semanggi, Jalan Semanggi hingga Simpang Susun Semanggi.

Dalam kesempatan tersebut, Happy menyampaikan apresiasinya tentang batik Jakarta yang didokumentasikan dalam sebuah buku Lenggang Batik Jakarta. Buku yang berisikan inspirasi bagaimana memilih, mengolah, dan mengenakan batik Jakarta dengan aneka model dan padanan ini sebagai warisan untuk generasi muda.
"Karena masa jabatan saya sebagai ketua Dekranasda akan segera berakhir Oktober nanti, saya berpikir bagaimana kalau kita bikin buku yang tentunya bisa menjadi warisan untuk generasi muda terutama dalam budaya dan fashion," jelas Happy. (agm/agm)