Di Tangan Desainer Dunia, Tas Belanja ke Pasar Kini Berharga Rp 7 Jutaan

Alissa Safiera - wolipop Kamis, 31 Agu 2017 14:11 WIB
Foto: Dok. Marni Foto: Dok. Marni

Jakarta - Jangan sepelekan tas anyaman yang biasa dibawa ibu-ibu belanja ke pasar. Tahu-tahu, tas yang biasa dihargai puluhan ribu ini justru jadi inspirasi desainer dunia dan sukses membuat fashion statement.

Di Indonesia, tas anyaman berwarna-warni yang biasa wara-wari di pasar itu biasa dihargai Rp 20 ribuan. Tapi setelah dilabeli merek Marni, dari Italia, harganya melonjak jadi US$ 200 atau Rp 2,7 juta untuk tas ukuran kecil.

Marni, brand mewah asal Italia ini memang dikenal dengan desain yang playful dan vintage. Brand ini jadi favorit seleb Hollywood, mulai dari Kristen Dunst, Emmy Rossum, January Jones dan masih banyak lagi.

Tas yang mirip dengan tas pasar ala Marni itu lalu dinamai 'Marni Charity Basket' yang sebenarnya sudah rilis lumayan lama, sekitar dua tahun lalu. Tas ini juga punya misi kemanusiaan di baliknya, yaitu dibuat untuk mensejahterakan anak-anak terlantar dan kurang beruntung di India, Brazil, Afrika dan beberapa negara lain.

Hasil penjualan tas-tas edisi terbatas itu akan ditampung oleh organisasi non profit yang bergerak di bidang kemanusiaan, bernama Vimala Association. Nantinya hasil penjualan yang terkumpul digunakan untuk restorasi sekolah-sekolah di India untuk 50 anak berkebutuhan khusus, seperti dikutip situs Marni.

Merek Italia yang digawangi Consuelo Castiglioni itu lantas membanderol tas anyaman mulai dari Rp 2 jutaan untuk tas ukuran kecil, dan yang termahal US$ 449 senilai Rp 7,1 juta. Melihat dari situs resminya, sekarang tas tersebut sudah terjual habis.

Bukan cuma Marni saja, loh, brand high-end yang dapat inspirasi dari barang yang eksis di pasar. Balenciaga sempat viral tahun lalu karena merilis tas super besar warna-warni yang juga identik dengan tas pasar. Nggak tanggung-tanggung, Balenciaga membanderol tasnya sampai dengan harga Rp 20 jutaan.
Di Tangan Desainer Dunia, Tas Belanja ke Pasar Kini Berharga Rp 7 JutaanFoto: Dok. Balenciaga

Masih ada lagi, yaitu sandal jepit yang sering kita sebut 'sandal Swallow' warna putih dan strap karetnya berwarna biru. Biasanya dibanderol dengan harga belasan ribu rupiah di pasar atau warung. Lalu sandal yang serupa diberi label Nike dengan nama Nike Solarsoft Thong II, dan kini harganya jadi Rp 300 ribuan.
(asf/asf)