Naomi Campbell Kritik Model yang Tenar karena Instagram, Kendall Jenner?

Hestianingsih - wolipop Kamis, 29 Des 2016 13:56 WIB
Foto: Ian Gavan/Getty Images
Jakarta - Kendall Jenner kembali dikritik para model seniornya. Setelah Janice Dickinson dan Rebecca Romijn, kini giliran Naomi Campbell yang mempertanyakan status Kendall Jenner sebagai model profesional.

Naomi memang tidak menyebutkan nama Kendall Jenner secara langsung. Namun wanita 46 tahun itu mengritik keberadaan para model baru yang terkenal karena social media. Kendall Jenner dan Gigi Hadid serta adiknya, Bella Hadid, bisa dibilang menjadi model terkenal tidak terlepas dari peran social media seperti Instagram.

Menurutnya, model 'generasi Instagram' tidak bekerja sekeras para model pada zaman kejayaannya, sekitar 10 atau 20 tahun lalu. Berkomentar tentang model yang di-booking karena popularitas mereka di dunia online, Naomi berujar seperti dikutip dari Female First, "Tidak terlihat kalau mereka telah bekerja sangat keras untuk itu."
Foto: Getty Images

Supermodel kulit hitam pertama yang tampil di majalah Vogue ini kemudian bercerita tentang masa-masa awal dia membangun karier sebagai model. Kala itu, sekitar akhir tahun 80-an, Naomi selalu merasa seperti 'underdog'; orang yang tidak diunggulkan dalam karier-nya. Kala itu Naomi merupakan salah satu dari sangat sedikit model berkulit hitam di industri fashion.

"Aku dibayar lebih kecil dibandingkan sesama teman kerja dan harus kerja tiga kali lebih sering untuk bisa mendapatkan (nominal) uang yang sama. Aku selalu merasa seperti yang tertindas," curhatnya kepada majalah GQ.
Foto: Dimitrios Kambouris/Getty Images

Kini kondisinya tak lagi seperti dulu. Kebangkitan para model berkulit hitam mulai muncul di era millennium, tepatnya di awal-awal tahun 2000-an dan kini jumlahnya semakin bertambah. Lantai catwalk di perhelatan fashion week dunia tak lagi didominasi model berkulit putih tapi juga wanita berbagai warna mulai dari kulit hitam hingga ras Asia.

Namun masih ada satu hal yang mengganjal Naomi. Ia banyak mendengar bahwa sekarang ini diskriminasi masih dirasakan sebagian model kulit hitam.

"Aku dengar wanita kulit hitam tidak bisa jadi model produk skincare karena tidak menjual. Jadi kenapa, apa hanya wanita kulit putih yang beli produk kecantikan, begitu?" curhatnya. (hst/hst)