Caren Delano, Fashion Stylist Selebriti yang Ingin Jadi 'Rachel Zoe' Indonesia

Hestianingsih - wolipop Kamis, 24 Nov 2016 13:12 WIB
Foto: Mohammad Abduh/Wolipop
Jakarta - Profesi fashion stylist bisa dibilang belum terlalu populer di Indonesia. Masyarakat awam, umumnya lebih mengenal fashion stylist sebagai pengarah gaya untuk pemotretan majalah atau katalog produk fashion. Tak banyak yang tahu bahwa pekerjaan fashion stylist bisa lebih luas dari itu.

Jasa fashion stylst juga bisa digunakan secara perorangan. Selebriti, sosialita, orang biasa hingga perusahaan bisa meminta bantuan fashion stylist untuk membuat penampilan mereka terlihat luar biasa dan jauh lebih menarik. Caren Delano, merupakan satu dari segelintir fashion stylist yang cukup sukses di Indonesia.

Di awal popularitasnya, pria kelahiran Jakarta ini dikenal sebagai fashion stylist pribadi penyanyi Syahrini. Caren bekerja mendandani artis yang populer dengan gaya glamornya itu untuk tampil di panggung, menghadiri berbagai acara hingga menata penampilannya saat liburan. Selain Syahrini, tangan dingin Caren juga berhasil mengubah penampilan sejumlah selebriti lainnya menjadi lebih istimewa seperti Krisdayanti, Agnez Mo, Marsha Timothy, Chelsea Olivia hingga Nagita Slavina.
Foto: Mohammad Abduh/Wolipop

Bagi banyak orang, fashion stylist dipandang sebagai pekerjaan yang penuh glamorama. Tapi di balik itu ada proses rumit yang mesti dijalani agar karyanya bisa dinikmati tak hanya oleh klien tapi juga orang lain yang melihatnya.

"Fashion stylist pekerjaannya adalah melayani seseorang atau beberapa orang, untuk bisa menentukan penampilan mereka yang luar biasa. Kebanyakan fashion stylist di Jakarta bekerja di media, mengarahkan gaya atau meng-adakan gaya kepada objek yang sudah ada. Apa tren fashion sekarang ini mereka kerjakan untuk bisa difoto dan dinikmati pembaca fashion. Tapi yang sekarang, kekiniannya kalau dari saya pribadi adalah bagaimana caranya saya bisa menciptakan look buat seseorang agar terlihat fabulous," ujar pria lulusan sekolah mode LPTB Susan Budihardjo ini saat ditemui di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta Pusat, Rabu (23/11/2016).
Caren Delano, Fashion Stylist Selebriti yang Ingin Jadi 'Rachel Zoe' IndonesiaFoto: Instagram

Menurut Caren, tanggung jawab seorang fashion stylist adalah membuat kliennya terlihat luar biasa dalam berpenampilan. Sebab, setiap orang memiliki preferensi gaya sendiri serta bentuk tubuh yang berbeda-beda. Dengan bantuan fashion stylist, seseorang bisa membuat karakter gayanya jadi lebih kuat dan menonjol.

"Tanggung jawab sebagai stylist adalah menemukan style yang tepat buat orang tersebut. Itu kalau ke personal client saya. Kalau untuk selebriti adalah membuat konsep yang luar biasa buat mereka tampil di sebuah acara entah itu off air ataupun on air," terang Caren.

Terlepas dari profesinya sebagai fashion stylist, dunia fashion memang sudah menjadi dunia yang ingin digeluti Caren. Pada 1999, ia mengambil sekolah mode di LPTB Susan Budihardjo dan menelurkan label busana Caren Roan Delano. Namun pada 2006, sahabat presenter Dave Hendrik ini memutuskan hijrah ke New York, Amerika Serikat untuk mengemban pendidikan mode din New York's Fashion Institute Technology, jurusan Fashion Business and Merchandise. Pada 2007, ia kembali melanjutkan pendidikannya di New York University jurusan Luxury Goods.
Foto: Mohammad Abduh/Wolipop

Merantau di negeri orang, Caren bersekolah sambil bekerja dengan menjadi personal shopper. Membelanjakan barang sekaligus mengarahkan gaya untuk mereka. Dari personal shopper, Caren mulai masuk ke dunia bisnis, menjadi stylist untuk perusahaan retail di New York. Lewat kemampuannya memadu-padankan busana, Caren mengklaim telah membantu retailer tersebut memperoleh penghasilan hingga USD 500 ribu.

"Karena apa yang saya lakukan adalah styling terlebih dahulu, dan saya percaya dari styling tersebut akan increase the sales. Jadi kita tidak jualan secara hard sell tapi saya styling dulu baru orang lihat, 'wah ini ternyata cakep banget ya', dari situ baru mereka belanja," jelasnya.

Pada 2011, Caren memutuskan kembali ke tanah kelahirannya, Jakarta, untuk meniti karier sebagai fashion stylist profesional. Mewujudkan mimpi untuk menjadi persinal stylist, menangani klien-klien dari berbagai kalangan dengan berbagai kasus. Mulai dari bentuk tubuh klien, menentukan bujet hingga belanja kebutuhan mereka untuk menghadiri sebuah pesta menjadi pekerjaan yang dijalani Caren sehari-harinya. Mimpi terbesarnya adalah bisa menjadi sesukses Rachel Zoe, fashion stylist ternama langganan para selebriti Hollywood. Singkatnya, Caren punya obsesi menjadi Rachel Zoe-nya Indonesia. Kenapa memilih berkarier di Indonesia, di mana kesempatan untuk go international bisa saja didapatkan Caren dengan mudah?
Caren Delano, Fashion Stylist Selebriti yang Ingin Jadi 'Rachel Zoe' IndonesiaFoto: Instagram

"Tinggal di negara orang, bagaimanapun juga masih ada tempat di nomor dua, nomor tiga. Mewujudkan mimpi bisa tapi mungkin nggak bisa setinggi ini karena di negara Amerika, mereka akan mementingkan warganya sendiri dibandingkan warga pendatang. Jadi kesempatan untuk mimpi lebih tinggi dan besar lagi susah di sana. Lagipula di sini saya pasti punya banyak kesempatan untuk buka lapangan kerja sendiri," tutur Caren.

Rencana ke depan, Caren akan mendirikan fashion styling studio, sebuah tempat yang menawarkan jasa styling. Calon klien yang datang bisa mendapatkan masukan tentang fashion item seperti apa yang paling cocok dikenakan sesuai gaya personalnya. Di dalam studio tersebut juga akan ada display busana rancangan desainer sebagai acuan Caren dalam memberikan konsultasi bagi kliennya. Studio ini akan dibuka mulai Januari 2017. (hst/hst)