Sepatu ini Terbuat dari Sampah Plastik Lautan yang Didaur Ulang

Daniel Ngantung - wolipop Minggu, 06 Nov 2016 14:35 WIB
Foto: dok. Adidas Foto: dok. Adidas

Jakarta - Siapa sangka jika sampah plastik yang mencemari lautan dapat berubah menjadi sebuah sepatu lari yang trendi. Adidas memungkinkannya untuk produk Adidas Boost Uncaged x Parley.

Baru-baru ini, raksasa produk olahraga asal Jerman tersebut memperkenalkan Adidas Boost Uncaged x Parley yang diklaim sebagai sepatu lari berbahan ramah lingkungan.

Dalam keterangannya, seperti dikutip Pop Sugar, sepatu ini hadir dengan 'rajutan bagian yang atas terbuat dari 95 persen sampah plastik lautan dan 5 persen polyester daur ulang'. Sementara tali, heel cap base, heel webbing, heel lining, dan sock-liner, juga dilapisi material daur ulang.

Tidak dijelaskan pilihan warna yang tersedia, namun dalam materi promo muncul Adidas Boost Uncaged x Parley berwarna putih dengan aksen kebiruan.

Sampah plastik sangat berbahaya baik bagi ekosistem laut maupun manusia. Seperti dalam video promo Adidas Boost Uncaged x Parley, dijelaskan ikan mengonsumsi sampah tersebut yang pada akhirnya ikan tersebut berakhir di meja makan manusia.

Menurut sustainablecommunication.com, sebanyak 6,35 miliar kg sampah mencemari lautan setiap tahunnya. Sementara itu, sciencemag.com melaporkan 4 sampai 12 juta metrik ton sampah plastik mencemari lautan pada tahun 2010 saja.

Mau tampil stylish sembari menyelamatkan lingkungan? Maka sepatu ini bisa jadi pilihan. Dirilis pada pertengahan November mendatang, sepatu ini hadir seharga US$ 220 atau sekitar Rp 2,8 juta. Tapi hanya 7.000 pasang sepatu yang diproduksi. (dng/kik)