ADVERTISEMENT

Cerita Bule Barbie dari Jerman yang Viral Fasih Bahasa Sunda dan Suka Seblak

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 20 Jan 2023 16:15 WIB
Sosok Daria, bule viral yang menyukai budaya Sunda. Ia kini tinggal di Bandung mendadak mencuri atensi warganet di media sosial. Unggahan Daria saat mencoba bermain latto-latto. Foto: Dok. Instagram @bulebarbie_official.
Jakarta -

Bule yang berasal dari Jerman ini mendadak jadi perbincangan warganet. Melabeli dirinya dengan nama Bule Barbie di TikTok, dia sering membuat video dengan berbicara bahasa Sunda.

Bule tersebut diketahui bernama Daria Gartman. Video Daria mulai viral sejak ia membahas tentang orang Indonesia yang ingin memiliki hidung mancung di akun TikToknya Bule Barbie. Padahal, Daria menuturkan ingin memiliki hidung yang kecil seperti wanita Indonesia.

Sosoknya menjadi atensi netizen karena dalam berbagai unggahannya, dia fasih berbahasa Sunda. Daria pun diundang menjadi bintang tamu acara televisi. Ketika disapa oleh para pembawa acara, Daria pun membalas dengan bahasa Sunda.

"Wilujeng enjing sadayana, kok pakai bahasa Inggris? Pakai bahasa Sunda aja," kata Daria di program Pagi-Pagi Ambyar, Trans Tv.

"Bagaimana kabarnya?" tanya Rian Ibram.

Sosok Daria Gartman viral di media sosial, saat menjadi bintang tamu di Pagi-Pagi Ambyar.Sosok Daria Gartman viral di media sosial, saat menjadi bintang tamu di Pagi-Pagi Ambyar. Foto: Dok. TikTok @bule_barbie.

"Damang Alhamdulillah, enjing kumaha damang euy," jawab Daria sambil menepuk dada tanda bersahaja.

"Alhamdulillah pangestu," balas Rian sambil tertawa kagum.

Ketika hadir dalam acara televisi tersebut, Daria asyik memakan bonteng atau dalam bahasa Sunda adalah timun. Ia mengaku bonteng merupakan camilan kesukaannya.

"Aku suka bonteng, makanan dan gaya serba Sunda," ucap Daria sambil tersenyum.

Dalam kesehariannya, Daria mengaku kerap berbicara dengan bahasa Indonesia, Sunda dan Jerman. Kini tinggal di Bandung, ia pun hobi makan seblak.

Sosok Daria, bule viral yang menyukai budaya Sunda. Ia kini tinggal di Bandung mendadak mencuri atensi warganet di media sosial.Sosok Daria, bule viral yang menyukai budaya Sunda. Ia kini tinggal di Bandung mendadak mencuri atensi warganet di media sosial. Foto: Dok. Instagram @bulebarbie_official.

Alasan Daria ke Indonesia

Daria menjelaskan sudah sekitar satu tahun berada di Indonesia. Dia mengungkapkan alasan ingin tinggal di Indonesia karena mau mendapatkan pasangan.

"Aku mencari pasangan. Carinya harus dengan hati dan perasaan. Aku suka orang Jawa, Bali dan Sunda. Saya suka budaya Indonesia," ucap Daria.

Tidak seperti warga negara asing lainnya, yang ingin pergi ke Bali ketika berkunjung ke Indonesia, Daria lebih memilih untuk tinggal di Bandung. Saking sukanya dengan Kota Kembang, sejak dari Jerman, Daria sudah memantapkan hati datang ke Bandung.

"Aku langsung dari Jerman ke Bandung, aku suka di Bandung karena berwarna. Kalau di Jerman tidak ada warnanya," tutur Daria.

Lancar berbahasa Indonesia, Daria mengaku bisa belajar dari bantuan Google. Ketika ditanya sampai kapan ia berada di Indonesia, Daria langsung menjawab dengan tertawa.

"Sampai saya mendapatkan pasangan," katanya.

(gaf/eny)