ADVERTISEMENT

Iriana Jokowi Tilik Erina yang Disembunyikan dari Kaesang Saat Midodareni

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 09 Des 2022 22:00 WIB
Presiden Jokowi beserta rombongan tiba di kediaman Erina di Purwosari. Jokowi akan mengikuti prosesi upacara adat midodareni pernikahan Kaesang-Erina. Iriana Jokowi menggantikan Kaesang untuk tilik Erina saat malam midodareni. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Setelah siraman, rangkaian prosesi adat jelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono berlanjut dengan midodareni. Dalam malam midodareni, kakak Kaesang, Gibran Rakabuming, ambil peran untuk memperkenalkan keluarga.

Acara midodareni jelang pernikahan Kaesang dan Erina Gudono berlangsung di kediaman keluarga Gudono di Sleman, Yogyakarta, pada Jumat (9/12/2022) malam. Di acara ini, Erina Gudono tidak boleh bertemu dengan putra bungsu Presiden Joko Widodo.

Pada malam midodareni, Kaesang kembali menyampaikan kesungguhannya untuk mempersunting Erina Gudono. Abdul Muhaimin, perwakilan keluarga calon mempelai wanita juga sempat memberi catur weda atau wejangan-wejangan untuk Kaesang.

Catur weda adalah tradisi dalam pernikahan Jawa yang berupa empat wejangan atau nasihat untuk mengarungi bahtera rumah tangga calon pengantin nantinya. Wejangan atau nasihat ini disampaikan oleh ayah atau ibu dari pengantin wanita kepada calon pengantin pria.

Kaesang Pangarep telah selesai menjalani prosesi malam midodareni sebagai rangkaian pernikahan dengan calon pengantinnya Erina Gudono. Begini ekspresinya.Kaesang Pangarep telah selesai menjalani prosesi malam midodareni sebagai rangkaian pernikahan dengan calon pengantinnya Erina Gudono. Begini ekspresinya. Foto: Pradita Utama

Selain catur weda tersebut, Abdul Muhaimin juga memberikan pesan mendalam lainnya untuk Kaesang. Ia berharap, calon menantunya itu bisa menerima Erina Gudono apa adanya.

"Terakhir terimalah Ananda Sofia Gudono apa adanya, terima ia dengan kekurangan dan kelebihan, terima ia dalam muda dan tuanya, terima ia sehat dan sakitnya. Bimbinglah ia menuju ke rumah tangga bahagia," tuturnya.

Setelah itu masing-masing wakil dari Erina dan Kaesang memperkenalkan semua anggota keluarga, lalu berlanjut dengan upacara adat tilik nitik.

Jokowi, Kaesang dan keluarga di acara midodareni di rumah Erina GudonoJokowi, Kaesang dan keluarga di acara midodareni di rumah Erina Gudono Foto: Foto: Pradita Utama/detikcom

Dalam prosesi ini, Ibu Iriana, Kahiyang, dan Selvi melihat calon istri Kaesang yang 'disembunyikan'. Sebelum mereka bertemu Erina, Kaesang menitipkan serangkaian bunga.

Bunga pemberian Kaesang semuanya serba putih. Warna ini diketahui sebagai warna favorit Erina, sebagaimana diungkap oleh Afer Al, pemilik Renflorist, toko bunga langganannya.

Selama menjadi pelanggan Renflorist, Erina suka memesan bunga berwarna putih. "Dari bunga pesenannya, bisa terlihat karakter Mba Erina ini elegan dan classy," kata Afer.

Renflorist juga dipercaya untuk mempersiapkan buket prewedding dan bunga segar yang menghiasi seserahan Kaesang untuk Erina yang menjadi hantaran midodareni ini.

Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono akan dilaksanakan besok (10/12/2022) di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo.



Simak Video "Ganti Busana! Ini Penampilan Kaesang dan Erina di Tasyakuran Malam"
[Gambas:Video 20detik]
(dng/eny)