ADVERTISEMENT

Twitter China Dibanjiri Foto Model Seksi, Pemerintah Disebut Ingin Tutupi Isu

Kiki Oktaviani - wolipop Selasa, 29 Nov 2022 09:00 WIB
Twitter China Foto: dok. Twitter
Jakarta -

Foto model seksi China membanjiri Twitter dengan konten eksplisit. Hal ini diduga untuk mengalihkan berita tentang protes massal yang sedang berlangsung karena lockdown Covid di China yang ketat.

Pengguna Twitter yang mencari nama kota yang terdampak demo besar-besaran akan mendapati iklan dengan penampakan model seksi atau tentang perjudian, dan menenggelamkan pencarian yang resmi. Hal tersebut disampaikan oleh analis data China Air Moving Device.


"Dari analisa data di utas ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan signifikan dalam tweet span," ungkap akun tersebut di Twitternya.

Data tersebut kemudian di-retweet oleh Direktur Observatorium Internet Stanford Alex Stamos. Ia mengatakan bahwa spam tersebut mengalami peningkatan yang merupakan indikator bahwa postingan tersebut diposting oleh akun bot spam.


Mangyu Dong, seorang peneliti di Standford University, mengatakan spam tersebut membuat pengguna China kesulitan untuk mengakses informasi tentang demo besar-besaran. Dia menambahkan bahwa banyak akun yang tidak digunakan selama bertahun-tahun, tiba-tiba muncul kembali setelah protes pecah di China.

Dia menunjuk ke salah satu akun yang telah dibuat tujuh tahun lalu, tetapi memposting lebih dari 2.000 teks NSFW (Not Safe for Work) atau merujuk pada konten yang dinilai tidak pantas dalam 15 jam terakhir.

"Sayangnya jika orang China memutuskan untuk datang ke Twitter untuk mencari tahu apa yang terjadi di China tadi malam, postingan nsfw yang dibagikan oleh bot ini kemungkinan besar akan muncul pertama kali di hasil pencarian mereka," tulisnya.

Demonstrasi karena lockdown ketat terus berlanjut di Beijing dan Shanghai. Gelombang kemarahan terbaru dipicu oleh kebakaran apartemen yang menewaskan 10 orang pada hari Kamis di Urumqi, kota paling barat di mana beberapa orang telah dikurung selama 100 hari.

Lihat juga video 'Desak Presiden China Xi Jinping Mundur, Pedemo di Shanghai Ditangkap':

[Gambas:Video 20detik]



(kik/kik)
Adu Perspektif
×
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali Selengkapnya