ADVERTISEMENT

Manusia Virtual Mirip Irene Red Velvet Tuai Kontroversi, Dibuat Tanpa Izin

R Chairini Putong - wolipop Jumat, 21 Okt 2022 09:02 WIB
Viral manusia virtual mirip Irene Red Velvet Lizzie Yeo, manusia virtual mirip Irene Red Velvet. Foto: dok. Instagram @lizzie.dayz
Jakarta -

Jagat maya dihebohkan dengan kemunculan manusia virtual mirip Irene Red Velvet. Karakter bernama Lizzie Yeo itu aktif di Instagram dan mengunggah video jalan-jalan ke destinasi wisata Korea Selatan.

Lizzie Yeo ternyata ditetapkan sebagai duta pariwisata Korea Selatan. Kini publik mengecam Organisasi Pariwisata Korea yang menggunakan wajah Irene Red Velvet untuk kepentingan promosi tanpa izin.

Komite Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea pun melayangkan protes dalam audit nasional pada Rabu (19/10/2022). Dalam kesempatan itu, terungkap bahwa biaya produksi manusia virtual mirip Irene Red Velvet menelan biaya 800 juta won atau sekitar Rp 8,6 miliar.

Kontroversi Manusia Virtual Mirip Irene Red Velvet

Dilansir dari Newsis, salah satu anggota Komite Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea menegur pihak yang bersangkutan selama audit. Dia pun membandingkan foto manusia virtual Lizzie Yeo dan Irene Red Velvet yang sangat mirip.

Viral manusia virtual mirip Irene Red VelvetLizzie Yeo (kiri) dan Irene Red Velvet (kanan) Foto: dok. Instagram @lizzie.dayz

"Apakah gambar di sebelah kiri dan kanan adalah orang yang sama atau berbeda?" tanya Lee Byung Hoon saat audit.

"Yang di sebelah kiri adalah Lizzie Yeo dan yang di sebelah kanan adalah Irene. Mereka terlihat sama. Upaya memperkenalkan manusia virtual itu baik, namun ada unsur pelanggaran hak cipta," sambungnya.

Pihak Komite Kebudayaan Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan menyebut kecantikan manusia virtual ini tidak realistis karena mirip seseorang secara spesifik.

Viral manusia virtual mirip Irene Red VelvetManusia virtual mirip Irene Red Velvet mempromosikan pariwisata Korea Selatan Foto: dok. Instagram @lizzie.dayz

Selain itu, pihak Organisasi Pariwisata Korea membeli sejumlah follower sebagai pengikut manusia virtual mirip Irene Red Velvet.

Sejumlah penggemar kini mendesak agensi Irene Red Velvet mengambil tindakan tegas karena wajah idolanya digunakan tanpa izin.

Terlebih manusia virtual Lizzie Yeo masih mengunggah foto-foto mirip Irene Red Velvet lewat akun Instagram @lizzie.dayz.

Penampilannya telah membuat netizen Korea janggal sejak pertama kali muncul dalam video YouTube 'Travel all over Korea with Lizzie!' yang diunggah pada Juli 2022.



Simak Video "Detail Pernikahan Lee Seung Gi dan Lee Da In"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)
Adu Perspektif
×
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali Selengkapnya