ADVERTISEMENT

Kisah Kak Jill Penjual Gorden yang Hidup Sulit Sebelum '10 Gelombang' Viral

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 05 Sep 2022 18:00 WIB
Foto Kak Jill viral di media sosial. Foto Kak Jill penjual gorden yang viral di media sosial. Foto: Dok. TikTok @jill_shine2.
Jakarta -

Sosok Jill Shine atau Jilly dikenal dengan sebutan Kak Jill mendadak jadi perbincangan warganet. Dia viral karena aksinya yang tak biasa saat berjualan gorden di TikTok.

Pemilik jargon '10 gelombang kanan dan 10 gelombang kiri' itu kerap memanggil pengikutnya di TikTok dengan sapaan adik Kak Jill, darling dan sayang. Kak Jill juga memiliki ciri khas dengan penampilannya yang unik, rambut panjang terurai dengan dibiarkan kusut, pipi pink merona, alis segaris dan eyeliner yang tajam.

Wanita kelahiran 12 Juli 1987 ini merupakan adik dari artis Robby Shine. Sosoknya viral, Kak Jill pun diundang berbagai pihak mulai dari stasiun televisi hingga kolaborasi dengan artis. Salah satunya Ayu Ting Ting yang menghadirkan Kak Jll di konten YouTube miliknya, Qiss You TV.

Berbincang dengan host Brownis, Kak Jill mengungkapkan awal mulai dirinya berjualan gorden dengan Live di TikTok. Dia mengaku dulu terkena dampak pandemi. Usaha gordennya tidak terlalu ramai sehingga dia kerap mengalami insomnia.

"Kak Jill gak bisa bobo cepat sampai jam 4 pagi ka Jill scroll-scroll saja (insomnia). Tapi dari pandemi sayang, kak Jill kena banget dampak pandemi," kata Kak Jill di Youtube Qiss You TV (2/9/2022).

Pada saat tidak bisa tidur itu, Kak Jill melihat-lihat TikTok. Dia menemukan salah satu penjual gorden yang siaran langsung di TikTok selama tiga jam nonstop. Kak Jill juga ingin siaran langsung di TikTok dan meminta saran kepada anaknya.

"Kak Jill lihat ada yang Live gorden. Kak Jill nggak pandai ngerecord. Jadi kak Jill screenshoot, terus jam 06.00 WIB anak Kak Jill mau sekolah, Kak Jill kasih lihat. Nak, lihat deh ini. Pas Kak Jill buka mereka masih live belum berhenti orang yang sama," ucap Kak Jill terkejut.

"Nak, kalau misalnya sau hari dapat Rp 300 ribu lumayan ya nak berarti satu bulan dapat Rp 10 juta kurang lebih sayang," kata Kak Jill lagi menghitung omzet dari orang yang berjualan gorden yang dilihatnya di TikTok.

Foto Ayu Ting Ting sedang berbincang dengan Kak Jill.Foto Ayu Ting Ting sedang berbincang dengan Kak Jill. Foto: Dok. Youtube Qiss You TV.

Pendapatan Kak Jill Meningkat Sejak Viral

Tertarik mengikuti jejak penjual gorden yang jualan live di TikTok itu, Kak Jill pun mulai mencoba melakukan hal serupa. Dia berharap bisa mendapatkan perbaikan dari usahanya yang terdampak pandemi. Dan tak disangkanya, cara jualan dengan siaran langsung itu ternyata membuahkan hasil.

"Suami Kak Jill punya toko offline (gorden), di hari pertama sudah mendapatkan Rp 600 ribu, terus hari kedua Rp 1,8 juta, kemudian semakin bertambah. Hingga setiap hari keluar ratusan pieces gorden," ungkap Kak Jill terharu.

Kak Jill menegaskan jika gorden yang dijualnya merupakan produksi sendiri dari timnya. Semua ukuran Kak Jill bisa jual. Ia juga sudah sering menangani gorden yang berukuran jumbo.

"Satu rumah berapa jendela standar ada yang 5 meter, kalau tinggi ada yang pakai stagger 7-8 meter sudah pernah," lanjut Kak Jill.

Anak Kak Jill yang bernama Viken menanggapi ibunya yang viral di media sosial. "Anak Kak Jill usia 17 tahun antara bosan dan bangga melihat FYP maminya semua," lanjutnya lagi.

"Awalnya gak menyangka banget bangga lah, banyak yang minta foto sama mami," kata Viken.

Foto Ayu Ting Ting sedang berbincang dengan Kak Jill.Foto Ayu Ting Ting sedang berbincang dengan Kak Jill. Foto: Dok. Youtube Qiss You TV.

Omzet Penjualan Gorden Kak Jill

Nama Kak Jill viral di media sosial, Ayu Ting Ting bertanya tentang omzet penjualan gorden. Kak Jill mengakui omzetnya bertambah banyak, namun dia menolak menyebutkan angkanya.

"Semenjak viral omzetnya naik banget. Omzetnya gak boleh tahu Untungnya kecil tapi penjualannya banyak," ungkap Kak Jill seraya tersenyum.

Kak Jill juga menambahkan penjualan gordennya secara online lebih banyak dari offline. Bahkan ia siaran langsung untuk produk langsung.

Wanita yang selalu memanggil netizen dengan sebutan 'darling' 'sayang' dan 'adik Kak Jill' itu sangat bersyukur bisa mengubah nasibnya setelah viral. "Kak Jill pernah menjalani kehidupan yang sulit menurut Kak Jill, tapi Tuhan mengubah semuanya. Kak Jill disayang sama semuanya," pungkas Kak Jill.

(gaf/eny)