ADVERTISEMENT

15 Inspirasi Lomba 17 Agustus untuk Anak-anak Hingga Dewasa

Arina Yulistara - wolipop Sabtu, 13 Agu 2022 13:00 WIB
Inspirasi lomba 17 Agustus. Foto: Pradita Utama Inspirasi lomba 17 Agustus. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Berencana membuat lomba 17 Agustus untuk anak-anak? Atau kamu ingin membuat lomba 17 Agustus bersama teman-teman di kantor? Ada beberapa inspirasi lomba 17 Agustus yang klasik hingga kekinian.

Banyak warga yang merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan membuat lomba 17 Agustus, buat anak-anak hingga orang dewasa. Tujuan diadakannya lomba tentu untuk memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia sekaligus mengajarkan anak mengenai perjuangan dalam meraih kemenangan.

Apa kamu juga berencana membuat lomba 17 Agustus tahun ini, baik bersama warga di perumahan atau mengadakannya bareng keluarga besar? Jika iya, ada beberapa inspirasi lomba 17 Agustus yang bisa menjadi pilihan.

Mari simak ragam inspirasi lomba 17 Agustus untuk anak-anak maupun orang dewasa.

1. Lomba makan kerupuk

lomba makan 17 agustusInspirasi lomba 17 agustus Foto: istimewa

Lomba makan kerupuk bisa dilakukan dengan menggantung beberapa kerupuk putih pada tali rafia. Tinggi kerupuk harus dicocokkan dengan tinggi peserta lomba.

Peserta bisa memakan kerupuk tapi tidak menggunakan kedua tangan. Siapkan timer untuk menentukan peserta tercepat yang menghabiskan kerupuk lebih dulu karena dia lah pemenangnya.

2. Lomba 17 Agustus: memindahkan bendera

Lomba memindahkan bendera merah-putih berukuran kecil yang diselipkan pada lidi panjang cocok diberikan pada anak balita hingga SD. Minta peserta memindahkan bendera dari satu wadah ke wadah di depannya namun dengan jarak yang cukup berjauhan. Peserta tercepat yang mampu memindahkan semua bendera menjadi pemenangnya.

3. Lomba bawa kelereng pakai sendok

Selanjutnya minta peserta membawa kelereng pakai sendok di mulut yang merupakan salah satu inspirasi lomba 17 Agustus. Peserta perlu memindahkan kelereng dari sebuah wadah ke wadah lain dengan jarak berjauhan tapi menggunakan sendok yang dijepit di mulut, bukan pakai tangan. Jika kelereng terjatuh di jalan maka dinyatakan gagal.

4. Lomba sepeda hias

Lomba sepeda hiasInspirasi lomba 17 Agustus. Foto: Istimewa

Lomba sepeda hias tampaknya sudah menjadi ikonik saat 17 Agustus. Anak-anak diminta menghias sepeda mereka dengan tema 17 Agustus yang bernuansa merah-putih. Sepeda dengan hiasan terbaik adalah pemenangnya.

5. Lomba 17 Agustus memasukkan pensil ke dalam botol

Ada pula lomba memasukkan pensil ke dalam botol. Caranya, ikat pensil menggunakan benang atau tali kemudian ikat pada pinggang peserta dengan posisi pensil di belakang.

Peserta perlu membawa pensil dari satu tempat ke tempat lainnya yang sudah tersedia botol sirup dengan bagian kepala kecil. Peserta yang lebih dulu berhasil memasukkan pensil ke dalam botol menjadi pemenangnya.

6. Lomba fashion show a la Citayam Fashion Week

Salah satu inspirasi lomba 17 Agustus yang kekinian bisa meminta anak-anak melakukan fashion show a la Citayam Fashion Week. Tidak lupa berikan tema Hari Kemerdekaan Indonesia agar menyesuaikan busananya yang kekinian tapi tetap memiliki sentuhan Tanah Air.

7. Lomba tebak kata

Lomba tebak kata perlu dilakukan berkelompok. Kamu bisa menyiapkan beberapa headset dan perangkat musik untuk menutup telinga para peserta. Kelompok yang paling benar dalam menebak kata bertemakan 17 Agustus menjadi pemenangnya.

8. Lomba 17 Agustus tebak nama pahlawan dengan balon air

Terinspirasi dari ragam permainan di Tiktok, buat kelompok anak-anak untuk mengikuti lomba tebak nama pahlwan dengan balon air yang sedang dipompa. Minta anak-anak menyebutkan nama pahlawan, yang terlalu lama berpikir bisa membuat balon meledak dan didiskualifikasi. Peserta terakhir yang bisa selalu menyebutkan nama pahlawan menjadi pemenangnya.

Inspirasi lomba 17 Agustus lainnya yang cocok untuk anak-anak hingga dewasa...KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2