ADVERTISEMENT

Pangeran William Nyamar Jadi Penjual Majalah, Alasannya Bikin Salut

Daniel Ngantung - wolipop Minggu, 12 Jun 2022 13:00 WIB
Pangeran William jualan majalah Pangeran William (Foto: AFP via Getty Images/AHMAD GHARABLI)
London -

Richard Hannant sedang berjalan menuju kantor saat seorang pria menghampirinya untuk menjajakan majalah. Wajah penjual majalah tersebut terasa tak asing baginya. Pria itu ternyata bukan lain adalah Pangeran William.

Pewaris kedua takhta Kerajaan Inggris ini memakai kemeja biru dan jeans dipadu rompi merah dan topi senada bertulisan 'The Big Issue'. "Dia sangat baik dan ramah," kata Hannant, warga Bath yang bekerja di London kepada BBC, Jumat (10/6/2022).

Ia terkejut karena tak menyangka akan bertemu Pangeran William di situasi tersebut. Tak ada acara kerajaan yang digelar di sekitaran ataupun rombongan yang mengikuti cucu Ratu Elizabeth II itu sesuai protokol Kerajaan.

Lantas, apa gerangan Pangeran William turun ke jalan untuk menjual majalah?

Ada alasan kedermawanan di balik aksi pria 39 tahun tersebut. 'The Big Issue' merupakan majalah yang dijual khusus oleh para tunawisma, pengangguran atau mereka yang sedang terlilit utang sehingga butuh uang untuk melunasinya.

Penjual mendapat jatah lima majalah secara gratis dari penerbit, lalu bisa menjualnya secara eceran kepada masyarakat seharga 3 pound sterling atau Rp 54.000.

Pangeran William jualan majalahPangeran William saat menjual majalah. (Foto: Twitter)

Pangeran William pun ambil bagian untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap tunawisma. Tak butuh waktu lama baginya untuk beraksi meski baru merampungkan rentetan acara perayaan 70 tahun neneknya.

"Hal yang membuat saya kagum adalah kita baru saja merayakan Jubilee secara besar-besaran dan dia langsung turun ke jalan untuk mendukung kegiatan amal seperti Big Issue. Acara yang satu disaksikan seluruh dunia, dan satu lagi sangat sederhana untuk menolong para tunawisma," kata Hannant.

LONDON, UNITED KINGDOM - JUNE 05: (EMBARGOED FOR PUBLICATION IN UK NEWSPAPERS UNTIL 24 HOURS AFTER CREATE DATE AND TIME) Camilla, Duchess of Cornwall, Prince Charles, Prince of Wales, Queen Elizabeth II, Prince George of Cambridge, Prince William, Duke of Cambridge, Princess Charlotte of Cambridge, Prince Louis of Cambridge and Catherine, Duchess of Cambridge stand on the balcony of Buckingham Palace following the Platinum Pageant on June 5, 2022 in London, England. The Platinum Jubilee of Elizabeth II is being celebrated from June 2 to June 5, 2022, in the UK and Commonwealth to mark the 70th anniversary of the accession of Queen Elizabeth II on 6 February 1952. (Photo by Max Mumby/Indigo/Getty Images)Pangeran William dan keluarga saat perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II. (Foto: Getty Images/Max Mumby/Indigo)


Vitalijus dan Laura Zuikauskas, turis asal Lithuania, juga berkesempatan bertemu Pangeran William. Setelah membeli majalah, mereka sempat ngobrol. "Kami menyampaikan ucapan semoga sukses, lalu menjabat tangannya. Senang melihat keluarga Kerajaan sangat memedulikan orang biasa," katanya.


Tunawisma memang menjadi salah satu isu yang mendapat perhatian khusus dari Pangeran William. Kepedulian tersebut pun ditularkan sang pangeran kepada anak-anaknya.

Pangeran William jualan majalahLaura Zuikauskas berfoto bersama Pangeran William. (Foto: Twitter)

"Setiap kali kami melihat ada orang yang tidur di jalan saat perjalanan ke sekolah, saya selalu mencoba membicarakan dan menjelaskan soal situasi tersebut kepada anak-anak. Mereka langsung tertarik dan bertanya, kenapa mereka tidak bisa pulang ke rumah," kata Pangeran William pada 2019 seperti dikutip People.



Simak Video "Lukisan Resmi Pangeran William dan Kate Middleton Dirilis"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)