7 Tahun Terapi Hormon Jadi Pria, Transgender Ini Pilih Kembali Sebagai Wanita

Hestianingsih - wolipop Selasa, 10 Mei 2022 16:35 WIB
Alia Ismail. Foto: Instagram/@aliaxismail Alia Ismail. Foto: Instagram/@aliaxismail
Jakarta -

Alia Ismail merasa terjebak di tubuh yang salah saat beranjak remaja. Ia pun memutuskan bertransisi dari wanita jadi pria. Enam tahun kemudian dia menyesali keputusannya dan kembali ke kodratnya sebagai wanita.

Pada usia 18 tahun, Alia Ismail, yang terlahir sebagai wanita, merasa tidak nyaman dengan tubuhnya. Menurutnya dia adalah seorang pria yang berada di tubuh wanita.

Dia pun mulai menyebut dirinya sebagai pria dan berbusana lebih maskulin. Langkah besar diambil Alia untuk berubah jadi pria dengan melakukan terapi hormon demi meningkatkan kadar testosteron dalam tubuhnya di usia 20 tahun.

Alia IsmailAlia Ismail. Foto: Instagram/@aliaxismail

Kemudian pada 2015, Alia secara resmi mengubah namanya jadi Issa Ismail dan menjalani operasi mastektomi ganda untuk mengangkat kedua payudaranya setahun kemudian. Setelah operasi, dia pun resmi menjadi pria transgender.

Namun belakangan Alia menyadari kalau keputusannya salah besar. Wanita 27 tahun ini ternyata tidak nyaman dengan tubuhnya sebagai pria dan ingin kembali jadi wanita. Menurutnya menjadi pria tidak mewakili dirinya yang sebenarnya.

"Saat pertama kali mengaku sebagai gay, keluarga menerimanya dengan cukup mudah. Selama masa transisi, kakek-nenekku sangat bisa menerima tapi memang kurang paham, dan ibuku lah yang lebih memahami perasaanku selama proses aku berubah," tuturnya seperti dikutip dari Daily Mail.

Alia IsmailAlia Ismail. Foto: Instagram/@aliaxismail

Alia pun berhenti terapi hormon pada Februari 2021. Wanita asal Michigan, AS, ini juga mengganti namanya dari Issa jadi Alia lagi.

"Aku berhenti terapi hormon dan menjalani perawatan laser untuk menghilangkan rambut. Aku tidak punya rencana melakukan hal yang lain lagi, tapi aku paham semuanya bisa berubah di masa depan," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2