Hanya Pakai Kemben, Model Viral Minta Orang Tuliskan Pesan Negatif di Tubuhnya

Kiki Oktaviani - wolipop Sabtu, 30 Apr 2022 21:30 WIB
Ainoa Cerdeira Gonzalez Foto: dok. Instagram
New York -

Model Ainoa Cerdeira Gonzalez jadi viral karena aksinya di tengah jalan hanya mengenakan pakaian dalam; kemben dan celana pendek hitam. Dia meminta orang asing untuk menuliskan pesan negatif di tubuhnya.

Ainoa membawa poster dengan tulisan: "Jika kamu pernah mempermalukan tubuh, apa kamu kamu katakan? Bebas tuliskan apa saja di tubuhku!" Dia berdiri tegak tanpa ekspresi di Washington Square Park.

Aksinya itu dalam rangka proyek akhirnya di sekolahnya di Parsons School of Design, New York. Sebagai tugas akhirnya, Ainoa mengangkat tema kesehatan mental untuk kelas desainnya. Ainoa ingin membuat sesuatu yang berdampak.

"Aku mulai mengerjakan beberapa poster. Aku membuat beberapa sketsa yang berbeda. Aku berpikir tentang membuat film pendek di mana berinteraksi dengan orang berbeda. Namun kemudian aku ingin membuat sesuatu yang lebih dari itu," ungkap Ainoa kepada Yahoo Life.

Saat itulah dia mahasiswi desain interior itu memutuskan untuk menggunakan tubuhnya sebagai kanvas, mengubah insecure-nya dengan malu dengan tubuhnya menjadi kesempatan baginya untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah tersebut.

"Body shaming adalah sesuatu yang mempengaruhi kesehatan mental banyak individu. Hal itu bisa menjadi lebih parah, itu dapat menyebabkan kecemasan, depresi dan gangguan makan pada pada mereka yang dinilai berdasarkan penampilan fisik," ungkap model 19 tahun itu.

"Dan aku pribadi berjuang dengan body shaming di masa lalu. Komentar seperti 'apakah kamu makan' atau 'kamu terlalu kurusu' atau 'kamu terlihat anoreksia' sampai 'kamu sama datarnya dengan,'" tambah Ainoa.

Orang-orang asing yang lewat kemudian menuliskan berbagai pesan negatif. Curhatan tentang pengakuan seorang wanita yang dulunya kurus sampai kalimat 'kamu gemuk' tertulis di tubuh Ainoa.

Proyeknya mendapat perhatian di Instagram, di mana fotografer dan editor mode Scott Schuman memposting foto Cerdeira Gonzalez kepada 1,1 juta pengikutnya. Unggahannya tersebut menuai pujian dan kritikan, dan lebih dari delapan ribu orang menyukai postingan itu.

Di sisi lain, dia mengaku sangat khawatir melakukan proyek tersebut. "Aku sangat gugup melakukan proyek ini, karena aku tidak tahu bagaimana orang akan bereaksi atau apakah orang benar-benar akan berinteraksi denganku ," kata Ainoa.



Simak Video "Jadi Model Pakaian Renang Tertua, Ibu Elon Musk: Fantastis!"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)