Drakor Shooting Stars Tuai Kritik Dinilai Rasis, Tampilkan Pelecehan Seksual

R Chairini Putong - wolipop Kamis, 28 Apr 2022 17:00 WIB
Shooting Stars Shooting Stars dituding telah menggambarkan Afrika secara rasis. Foto: dok. tvN
Jakarta -

Drama Korea Shooting Stars baru menayangkan dua episode pertamanya. Namun drama yang dibintangi Lee Sung Kyung dan Kim Young Dae ini telah menuai kecaman dari penonton internasional.

Pasalnya Shooting Stars dituding telah menggambarkan Afrika secara rasis. Hal itu terlihat dari episode pertama saat Kim Young Dae yang memerankan Gong Tae Sung memiliki perjalanan misi di Afrika.

Tim produksi Shooting Stars membuat stereotype bahwa negara-negara Afrika sama sekali tidak memiliki akses air bersih. Saat tiba di sana, Gong Tae Sung yang merupakan artis kenamaan Korea dianggap sebagai "penyelamat" karena menemukan air bersih setelah menggali sumur tanah.

Saat menampilkan negara Afrika, tim produksi Shooting Stars juga menggunakan filter kuning untuk menggambarkan daerah kumuh seperti dalam film-film Hollywood. Sejumlah penonton semakin tersinggung saat tim produksi memutarkan theme song film Lion King sebagai background music.



Adegan Pelecehan Seksual di Shooting Stars

Episode kedua Shooting Stars pun menuai kecaman keras setelah menggambarkan adegan pelecehan seksual sebagai lelucon.

Dalam episode itu, Gong Tae Sung menyadari kesalahan dalam penulisan artikel Han Byul (pemain Lee Sung Kyung), ketua PR dari agensi Star Force Entertainment.

Shooting StarsKim Young Dae dan Lee Sung Kyung Foto: dok. tvN

Gong Tae Sung sangat marah sampai masuk ke kamar mandi wanita untuk mengejar Han Byul yang bersembunyi di balik bilik. Dia hampir melepas celananya di depan Han Byul dan rekan-rekan kerjanya hanya untuk membuktikan bahwa dia tidak impoten.

Hingga kini drama Korea Shooting Stars menjadi perbincangan hangat di jagat Twitter. Tak sedikit penonton yang mengecam penggambaran rasis Afrika dan adegan pelecehan seksual tersebut.

"Cara mereka menggambarkan Afrika itu konyol dan rasis," komentar seorang penonton.

"Kedua episode bermasalah. Ada apa dengan penulisnya?" tulis penonton lain.

"tvN hapus background music Lion King dari layanan streaming, kalau tidak, itu akan menjadi masalah besar," saut penonton lain.

"Pelecehan seksual itu tidak lucu dan tidak boleh dianggap sebagai lelucon. Adegan itu mengganggu," timpal penonton lain.

Sementara itu, drama Korea Shooting Stars mendapat rating rendah saat tayang perdana pada 22 April 2022. Episode pertamanya tayang dengan perolehan rating 1,6 persen, dan episode keduanya mendapat 1,7 persen.

Episode terbaru Shooting Stars tayang setiap Jumat dan Sabtu pukul 22.40 KST di tvN dan bisa ditonton secara legal di Viu.



Simak Video "Nayeon TWICE Jadi Solois K-Pop Pertama yang Masuk Top 10 Billboard 200"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)