ADVERTISEMENT

Rusia Blokir Instagram, Influencer Dikritik karena Tangisi Kehilangan Uang

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 14 Mar 2022 13:45 WIB
influencer rusia Foto: Twitter
Jakarta -

Mulai hari ini, Rusia akan membatasi akses terhadap Instagram setelah menuduh pemilik Meta sebagai organisasi ekstremis. Platform media sosial yang membawahi Facebook, Instagram, dan Whatsapp tersebut dikatakan memperbolehkan para penggunanya mengunggah ujaran kebencian kepada Putin dan tentara Rusia. Hal ini tentu membuat orang-orang Rusia kecewa terutama para influencer.

Para selebgram pun ramai-ramai mengunggah salam perpisahan mereka kepada para follower di Instagram. Dalam sebuah live streaming, seorang influencer mengungkap kekesalannya yang jadi viral. Wanita tersebut mengeluhkan kebijakan yang membuatnya bisa kehilangan sumber penghasilan.

"Apa kamu tidak memikirkan aku, sebagai influencer Instagram, ini adalah sumber penghasilan. Untukku, Instagram adalah hidupku, jiwaku. Itu adalah salah satu yang aku lakukan saat bangun, sebelum tidur selama lima tahun," katanya sambil menangis di Telegram dari postingan yang sudah dilihat lebih dari 1,3 juta kali di Twitter.



Selebgram yang tidak diketahui namanya itu mengaku ia sedang dalam tahap pertama perasaan berduka karena diblokirnya Instagram. Sayangnya hal itu malah mengundang kritikan karena wanita cantik itu dianggap tidak memikirkan nasib para korban perang di Ukraina yang kondisinya bisa jadi jauh lebih parah.

"Dia tidak peduli sama sekali dengan ratusan orang yang meninggal, termasuk orang-orang dari negaranya. Yang pasti kekhawatiran terbesarnya saat ini adalah dia tidak bisa mengunggah foto makanan dari restoran," tulis akun NEXTA yang mengunggahnya.

Keluhan influencer tersebut datang bersamaan degan laporan bahwa kota Mariupol di Ukraina yang terkepung tidak kedatangan makanan, air, dan listrik selama 13 hari. Di Ukraina, ribuan orang tidak bersalah meninggal selama 12 hari terakhir selagi yang lain berjuang untuk melindungi diri dan tetap hidup.

Selain selebgram yang menangis, para selebriti internet Rusia lain tentu menyesalkan keputusan diblokirnya Instagram. Kemarin banyak dari mereka yang memberikan pesan perpisahan kalau saja nantinya mereka tak lagi bisa menggunakan Instagram. Kini para influencer mulai beralih ke media sosial lain, seperti Telegram dan VKontakte.

"Teman-temanku seperti kalian, aku sudah membaca semua beritanya dan aku sangat kesal (Instagram) kita bisa hilang, tidak bisa ditemukan lagi. Aku pada dasarnya sudah kehilangan harapan," ujar selebgram Liza Lukasheva.

[Gambas:Instagram]



Begitu juga dengan Anna Ivanova dengan 4,4 juta follower yang optimis semuanya akan kembali lagi. "Hampir 5 juta dan 10 tahun, aku yakin semuanya akan jadi lebih baik dan kita akan bertemu lagi, tapi sekarang aku berharap kedamaian dan kekuatan untuk kalian semua untuk bertahan dengan semua kesulitan," ungkapnya.

[Gambas:Instagram]



(ami/ami)