Oscar Lawalata Soal Paris Fashion Week: Fashion Tidak Tumbuh Dari Sensasi

R Chairini Putong - wolipop Sabtu, 12 Mar 2022 15:06 WIB
Oscar Lawalata saat ditemui di Grand Indonesia Oscar Lawalata. Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Desainer Oscar Lawalata turut mengomentari kisruh Paris Fashion Week yang menjadi perbincangan netizen. Sebelumnya sejumlah brand Indonesia mengaku akan memamerkan koleksinya di acara fashion bergengsi tersebut. Namun koleksinya ternyata dipamerkan di sebuah show yang berlangsung selama PFW.

Pada Jumat (11/3/2022), kakak dari Mario Lawalata itu mengunggah tangkapan layar berisi teks yang mengomentari klaim rombongan brand Indonesia tampil di Paris Fashion Week. Menurut Oscar Lawalata, diperlukan team yang solid dan mengerti kelayakan pentas dunia untuk membawa nama Indonesia di kancah internasional. Jika tidak, uang yang dikeluarkan akan sia-sia dan hasilnya justru akan membuat malu.

Desainer yang kini mengganti namanya menjadi Asha Smara Darra itu menilai bahwa fashion tidak tumbuh dari sensasi. Fashion pun tidak semudah yang dibayangkan.

[Gambas:Instagram]

"Apapun alasannya uang yang dibuang menjadi sia sia dan menjadi hasil yang memalukan. Mengangkat kreatifitas fashion anak bangsa diperlukan team solid dan mengerti kelayakan pentas dunia. Fashion tidak tumbuh dari sensasi," tulis Oscar Lawalata.

Desainer 44 tahun itu menandai akun Instagram @gekrafs (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional) selaku lembaga pendukung juga akun Instagram Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif @sandiuno dan @bekrafid.

Unggahannya pun dikomentari sejumlah public figure yang setuju dengan pernyataannya. Termasuk Wanda Hamidah yang lebih dulu menyampaikan keresahan perihal rombongan brand Indonesia yang mengklaim akan memamerkan koleksinya di Paris Fashion Week. "Words!!!" serunya.

Netizen mengapresiasi Oscar Lawalata yang angkat bicara dan menyampaikan keresahannya lewat media sosial. Terlebih acara tersebut didukung oleh Gekraf yang merupakan bagian dari Kemenparekraf. Rombongan brand Indonesia diduga bertolak ke Paris menggunakan uang pemerintah.

"👏👏👏 keren, harusnya semua designer bersuara, dan mengambil sikap. Apalagi didukung pemerintah, apakah ada uang negara yang keluar? Saya tak ikhlas sebagai pembayar pajak," komentar sang netizen.

"kalau tidak ada uang negara yang keluar posisi Gekraf sebagai apa ya ???" balas Oscar Lawalata.

Dalam unggahan lainnya, Oscar Lawalata membagikan video yang menunjukkan proses panjang dari pembuatan kain tenun. Dia menegaskan bahwa fashion tidak sekadar sensasi. "Belajar menghargai proses sebuah nilai cipta. Tidak kita dibutakan dalam kebodohan ilusi sensasi," tulisnya lewat akun Instagram @oscarlawalata.

[Gambas:Instagram]



Simak Video "Hati-hati! Paris Fashion Week Peringatkan soal Pencurian Identitas"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)