Seperti di Tinder Swindler, Pria Ini Tipu Wanita Rp 2,9 M untuk Hidup Mewah

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 11 Feb 2022 11:09 WIB
Richard Dexter Foto: Dok. Hampshire Constabulary
Jakarta -

Seorang pria bernama Richard Dexter dituduh menjadi penipu yang mengelabui seorang miliuner. Seperti kisah Simon Leviev di film dokumenter The Tinder Swindler, pria tersebut juga disebut menggunakan uang wanita yang didekatinya dari aplikasi kencan untuk kepentingannya sendiri. Richard yang telah dijatuhi hukuman penjara bahkan membawa lari uang 'pacarnya' hingga miliaran rupiah.

Richard Dexter mengaku sebagai pebisnis sukses yang sedang dalam 'kejatuhan besar' ketika berkenalan dengan seorang wanita bernama Amrita Sebastian. Pria itu kemudian meyakinkan Amrita yang seorang pewaris kaya dari Dubai untuk mengiriminya total £141.500 (Rp 2,7 miliaran) untuk investasi di bidang teknologi biopharmaceutical.

Dilansir Dailymail, pria tampan yang berpendidikan tinggi dan berpenampilan stylish itu bahkan sering membohongi Amrita ketika dia dalam kondisi sakit parah di rumah sakit. Salah satunya soal kekayaannya yang hanya kebohongan semata. Disebutkan jika sebenarnya Richard memakai akun temannya untuk meyakinkan Amrita ia punya banyak investasi.

Ayah dua anak tersebut dikatakan mengelabui Amrita untuk menunjang gaya hidup mewahnya. Ia menggunakan uang wanita itu untuk membayar mobil mewah yang baru-baru ini disesalinya setelah ditangkap polisi. Dalam persidangan, Richard menangis sambil meminta maaf.

"Aku belum bisa bicara apa-apa kepada dia (Amrita) jika dia di sini. Aku belum punya keberanian untuk menghubunginya atau menulisnya di kertas tapi aku sangat sangat menyesal sampai di titik aku memikirnya setiap hari, dari bangun tidur hingga pergi tidur. Aku tidak bisa membela diri untuk apa yang aku lakukan," ungkapnya.

Richard sendiri memiliki pasangan lain bernama Hayley Jones yang juga dilaporkan menangis dalam persidangan. Meski begitu, hakim tidak memberi keringanan karena Richard dinilai tidak punya rasa bersalah sebelumnya. Karena tindakannya, ia dijatuhi hukuman empat tahun enam bulan penjara.

"Dia mengaku sebagai pebisnis sukses yang menjual teknologi biopharma dan dia bilang dia punya kekayaan £6,8 juta dan terlibat dalam studio Hollywood. Dia mengaku punya kekayaan dan pesawat pribadi, mobil mahal, dan berkata punya lebih banyak bunga dalam investasinya lebih dari gaji dokter," kata hakim Mousley QC.

Richard bertemu dengan Amrita yang sering mengunjungi Inggris pada 2015. Selama 15 bulan berhubungan, Amrita melakukan beberapa kali transaksi yang dikira untuk investasi padahal digunakan untuk kepentingan pribadi.

(ami/ami)