Begini Nasib 3 Mantan Kekasih Simon Leviev 'The Tinder Swindler' yang Ditipu

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 10 Feb 2022 21:00 WIB
Cecilie Fjellhoy Foto: dok.Instagram/@cecilie_
Jakarta -

Dokumenter The Tinder Swindler yang tayang di Netflix kini menjadi perbincangan banyak orang. Dalam dokumenter kriminal tersebut terungkap sosok pria bernama Simon Leviev yang menyamar sebagai crazy rich di aplikasi Tinder dan memanfaatkan persona tajirnya yang ternyata palsu untuk menipu wanita di berbagai belahan dunia.

Si penipu dengan nama asli Shimon Hayut itu mengklaim bahwa dia adalah putra miliarder berlian Rusia-Israel Lev Leviev. Simon pun menjuluki dirinya sebagai 'Pangeran Berlian' dan memikat para wanita agar mau meminjamkan kartu kredit mereka kepadanya. Simon mengaku tidak bisa menggunakan kartu kreditnya karena bisa dilacak oleh musuhnya.

Dengan daya manipulatifnya, para kekasih Simon itu rela meminjamkan kartu kredit sampai berutang ratusan juta. Nyatanya, bukan untuk kepentingan bisnis, uang hasil penipuan tersebut digunakan Simon untuk membiayai gaya hidup mewahnya.

Di serial The Tinder Swindler, ada tiga wanita yang angkat bicara dan menyuarakan keadilan. Lantaran ketiganya sampai hari ini masih terlilit utang oleh ulah Simon Leviev.

1. Cecilie Fjellhoy

Cecilie FjellhoyCecilie Fjellhoy Foto: dok.Instagram/@cecilie_

Cecilie adalah wanita pertama yang menjadi korban yang ditampilkan di dokumenter The Tinder Swindler. Cecilie adalah orang Finlandia yang tinggal di London untuk bekerja. Wanita yang bekerja di perusahaan IT itu sampai saat ini masih harus membayar utang dengan nilai fantastis.

Simon meminta Cecilie meminjam uang dengan total 250 ribu poundsterling atau mencapai Rp 5 miliar. Selain masih sibuk dengan pekerjaanya, Cecilie juga mendirikan organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mendukung korban penipuan dan kampanye untuk mengubah undang-undang untuk memastikan korban mendapatkan bantuan yang tepat. Wanita 33 tahun yang ditipu oleh Simon tahun 2018 itu juga banyak menjadi pembicara publik tentang penipuan dan menceritakan kisahnya.

Berbicara kepada Newsweek, direktur The Tinder Swindler berkata: "Cecilie harus menyatakan dirinya bangkrut. Jadi mereka (tiga wanita) masih memperjuangkan kasus mereka di berbagai pengadilan mencoba untuk mendapatkan keadilan dan memahami bahwa mereka pada dasarnya adalah korban.

Di dokumenter The Tinder Swindler, Cecilie mengatakan bahwa dia masih lajang saat ini, dan tidak trauma dengan cinta. Cecilie juga masih mengandalkan aplikasi kencan Tinder untuk mencari pasangan.

2. Pernilla Sjoholm

Cecilie FjellhoyCecilie Fjellhoy & Pernilla Sjoholm Foto: dok.Instagram/@cecilie_

Selanjutnya, ada wanita bernama Pernilla Sjolhom. Dia tidak terlibat asmara dengan Simon, namun keduanya menjadi teman dekat dalam waktu singkat. Simon juga meminjam uang untuk Pernilla. Simon pernah mengirimkan cek palsu kepada Pernilla yang seolah-olah dia telah melunasi utangnya, bahkan nilainya dilebihkan. Namun ketika cek dicairkan, tidak ada transaksi apapun.

Pernilla kini tinggal di Swedia dan bekerja di bagian penjualan dan pemasaran di distributor kopi kelas atas. Dia cukup populer di media sosial dengan memiliki followers Instagram 141 ribu.

Satu hal yang menghangatkan dari dokumenter ini adalah Cecilie dan Pernilla menjadi sahabat sampai hari ini. Keduanya bahkan kerap melakukan liburan bersama. Cecilie dan Pernilla juga sering menjadi pembicara bersama.

3. Ayleen Charlotte

Ayleen CharlotteAyleen Charlotte Foto: dok. Instagram

Wanita ketiga yang disorot di dokumenter The Tinder Swindler adalah Ayleen Charlotte. Wanita asal Amsterdam itu mengatakan bahwa dia bekerja di industri fashion high-end. Puncaknya, Ayleen lah yang balas dendam dengan menipu balik Simon Leviev.

Ayleen juga banyak mengeluarkan uang untuk Simon. Tapi dia mengelabui Simon dengan mengatakan bahwa dia akan menjual barang-barang mewah milik kekasihnya itu. Ayleen menjanjikan bahwa uang hasil penjualan akan diberikan untuk biaya hidup Simon. Ayleen berhasil menjualkan banyak pakaian mewah Simon, dan tidak sepeser pun dia berikan ke mantan kekasihnya itu. Ayleen mengaku meski sudah menjual banyak barang fashion mewah milik Simon, utangnya tetap belum bisa terlunasi.



Simak Video "Fakta Simon Leviev, Penipu di Tinder yang Dijadikan Dokumenter Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)