11 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel dengan Cepat

Virgina Maulita Putri - wolipop Rabu, 06 Nov 2019 15:56 WIB
11 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel dengan Cepat Foto: iStock 11 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel dengan Cepat Foto: iStock

Jakarta - Semua orang pasti ingin jerawat yang tiba-tiba mengganggu bisa menghilang dengan cepat. Tapi tidak jarang jerawat yang telah menghilang justru meninggalkan bekas berwarna kehitaman.

Bekas jerawat yang berwarna hitam ini muncul karena sel kulit baru yang lebih sehat mengandung lebih banyak melanin, sehingga warnanya lebih gelap dibanding kulit di sekitarnya. Risiko munculnya bekas jerawat semakin bertambah jika kalian memencet atau menusuk jerawat yang meradang.



Tapi jangan khawatir, ada banyak cara untuk menghilangkan bekas jerawat hitam yang ada di pipi. Berikut 11 cara menghilangkan bekas jerawat membandel dengan cepat yang dirangkum Wolipop:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan aloin yang bisa memudarkan bekas jerawat. Cara menggunakannya mudah saja, ambil sehelai lidah buaya, ambil gel atau sarinya dan taruh di mangkuk.

Oleskan gel lidah buaya ke bekas jerawat menggunakan cotton bud atau kapas. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas hingga bersih

2. Ekstrak Grapeseed

Ekstrak grapeseed disebut sebagai bahan alami yang ampuh menghilangkan bekas jerawat. Studi menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak grapeseed selama 6 bulan berhasil memberi dampak positif terhadap penderita melasma, yang merupakan kondisi serupa dengan bekas jerawat.

3. Lemon

Lemon mengandung flavonoid dan antioksidan lainnya yang bisa menghilangkan bekas jerawat secara alami. Caranya campur satu sendok teh air perasan lemon dengan satu sendok teh air.

Celupkan kapas di campuran tersebut dan oleskan ke bagian wajah yang memiliki bekas jerawat. Diamkan selama 20-30 menit dan bilas hingga bersih.

4. Madu dan Yogurt

Madu dan yogurt sama-sama memiliki kekuatan yang bisa menghilangkan bekas jerawat. Caranya campur dua sendok teh yogurt tawar dengan satu sendok teh madu murni.

Gunakan cotton bud atau kapas untuk mengoleskan campuran tersebut ke bekas jerawat. Kalian juga bisa menggunakan campuran ini sebagai masker. Diamkan selama 15-30 menit kemudian bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

11 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel11 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel Foto: iStock


5. Timun

Timun merupakan astringent alami yang bisa membantu mengurangi bekas jerawat. Caranya iris timun secara tipis-tipis dan tempatkan di bagian wajah yang terkena bekas jerawat.

Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Kalian juga bisa menggosok-gosokkan irisan timun tadi di bekas jerawat.

6. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, antioksidan yang bisa menghilangkan bekas jerawat. Caranya larutkan satu sendok teh kunyit bubuk menggunakan air hingga teksturnya berubah menjadi kental.

Oleskan campuran ini di wajah menggunakan cotton bud. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

7. Vitamin C

Nah, di atas adalah bahan-bahan alami yang bisa kalian gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat, kalian bisa menggunakan skincare yang mengandung bahan-bahan spesifik, seperti vitamin C.

Vitamin C atau yang juga disebut L-ascorbic acid bisa memudarkan tampilan bekas jerawat dan membuat warna kulit menjadi lebih merata dengan meningkatkan produksi kolagen.

Jika menggunakan skincare dengan vitamin C, lebih baik gunakan di malam hari karena bisa membuat kalian sensitif terhadap paparan matahari. Jangan lupa gunakan sunscreen di siang hari agar bekas jerawat tidak makin parah.

8. Azelaic Acid

Skincare yang mengandung azelaic acid merupakan opsi perawatan yang bagus jika kalian sedang bergelut melawan jerawat aktif dan bekas jerawat. Karena azelaic acid dikenal memiliki kekuatan anti-peradangan.



9. Mandelic Acid

Mandelic acid adalah jenis dari alpha-hydroxy acid (AHA) yang terbuat dari almond. Skincare yang mengandung bahan ini biasanya digunakan untuk meratakan warna kulit dan merawat jerawat yang meradang.

10. Niacinamide

Niacinamide adalah bentuk dari vitamin B3 yang biasa ditemukan di produk untuk melawan penuaan dini. Pasalnya kandungan ini bisa menahan kandungan air di kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

11. Retinoid

Retinoid adalah kandungan yang dibentuk dari vitamin A. Kandungan ini tidak hanya bisa menghilangkan jerawat dan bekasnya, tapi juga untuk melawan penuaan dini.

Kandungan ini bekerja dengan mempenetrasi kulit hingga bagian terdalam untuk meratakan warna dan tekstur kulit.

Simak Video "Menjaga Kulit Tetap Sehat, Gimana Caranya?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)