Viral Wajah Asli Selebgram Cantik Ketahuan karena Filter Eror, Bikin Syok

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 14 Jan 2022 13:15 WIB
kang yaya Foto: Dok. Douyin
Jakarta -

Bukan hanya aplikasi edit, media sosial kini juga sangat membantu seseorang bukan hanya tampil lebih menarik tapi benar-benar berbeda dari aslinya. Seorang selebgram pun baru-baru ini ketahuan menggunakan filter untuk terlihat lebih cantik. Ia dikritik dan disebut penipu karena terungkap bahwa aslinya adalah seorang pria.

Seorang influencer Douyin yang dikenal sebagai Kang Yaya baru-baru ini mendapat kritik dan akunnya di-suspend. Kang Yaya yang dikenal sebagai gadis cantik ternyata seorang pria. Hal itu terungkap ketika pria asal China itu melakukan live streaming. Ketika filter-nya tidak berfungsi atau dimatikan, banyak orang menyadari bahwa ia sebenarnya bukan wanita.

kang yayakang yaya Foto: Weibo

Kang Yaya sebenarnya sudah cukup dikenal sebagai selebgram yang sering cosplay sebagai karakter wanita. Sering dipuji karena transformasi namun ia juga dianggap melanggar aturan karena China melarang pria berpenampilan feminin. Akunnya pun sempat di-suspend karena 'kecurigaan bersikap vulgar'. Karena itu, ia menuliskan permintaan maaf.

"Selama karier syuting videoku, aku tidak mempertimbangkan pengaruhnya pada lingkungan dan orang-orang muda. Menjadi pria yang berdandan seperti wanita punya dampak negatif pada moral sosial. Aku meminta maaf pada semuanya dan berharap kalian akan memaafkanku. Maaf," tulisnya akhir tahun lalu.

Karena masalah tersebut, Yaya mengaku akan hiatus dari media sosial. Ia juga menyatakan tidak akan membuat video berdandan menjadi wanita lagi. Sejak saat itu, ia mulai mengunggah foto-foto dengan penampilan yang lebih maskulin.

kang yayakang yaya Foto: Weibo

Sebulan kemudian, akun Douyin Kang Yaya sudah kembali tapi videonya berdandan jadi wanita sudah tidak bisa ditemukan. Tapi sayangnya setelah itu ia kembali mendapat masalah ketika melakukan live streaming. Yaya terlihat pakai makeup, wig panjang, dan busana wanita. Saat siaran berlangsung, filter atau efek yang membuatnya tampak cantik sempat eror dan memperlihatkan penampilan aslinya.

kang yayakang yaya Foto: Weibo

Netizen yang menonton menulis komentar tidak menyenangkan. "Ini adalah penipuan," "Ini terasa kehilangan kepercayaan di antara dua orang," "Ketika filternya dimatikan, kamu bisa melihat dia seorang pria," "Dia terlihat seperti orang yang berbeda," tulis netizen.

(ami/ami)