ADVERTISEMENT

Kabar Terbaru Artis China yang Dihujat karena Foto Bareng Dewi Soekarno

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 31 Des 2021 15:22 WIB
Zhang Zhehan Foto: Internet
Jakarta -

Beberapa bulan lalu Zhang Zhehan bikin heboh karena foto-fotonya yang beredar. Dalam postingan, aktor terkenal China itu terlihat berpose di kuil di Jepang hingga bersama Dewi Soekarno. Hal tersebut jadi perbincangan karena ia dituding tidak nasionalis. Diboikot brand hingga media sosialnya tak bisa diakses, kontroversi itu jadi mempengaruhi kariernya. Kini Zhang Zhehan melaporkan tudingan yang merugikannya tersebut.

Awal Kontroversi

Selama empat bulan belakangan Zhang Zhehan menghilang dari dunia hiburan karena kontroversi fotonya. Jadi viral di Weibo, ia dihujat karena mengunjungi Kuil Yasukuni yang dikatakan dipersembahkan untuk menghormati tentara-tentara Jepang yang tewas dalam perang dunia kedua. Zhehan dianggap netizen tidak nasionalis karena Jepang menginvasi China kala itu.

Tak hanya itu, adapun foto-foto lain yang menunjukkan Zhang Zhehan datang ke kuil lain untuk menghadiri pernikahan. Berdasarkan laporan, ia mendatangi perkawinan anak dari mantan perdana menteri Junichiro Koizumi yang masih keturunan petinggi militer Jepang.

Zhang ZhehanZhang Zhehan Foto: Internet

Foto Bareng Dewi Soekarno

Adapun fotonya bersama Dewi Soekarno yang dianggap kontroversial di China. Mantan istri Presiden pertama RI Soekarno itu dilaporkan sering dikritik karena pandangan yang salah soal invasi Jepang. Karenanya, ia semakin mendapat hujatan dari netizen.

Tak lama kemudian jejak Zhang Zhehan mulai menghilang dari internet. Weibo dan Douyin resminya tidak bisa diakses lagi. Perwakilan Weibo menyatakan jika ia adalah publik figur dengan banyak fans yang seharusnya punya pengetahuan dasar mengenai sejarah bangsa. Setelah itu, dilaporkan sebanyak 27 merek menghentikan kerjasamanya, mulai dari Coca Cola hingga Lanvin. Begitu juga dengan proyek film dan drama.

Zhang ZhehanZhang Zhehan Foto: Internet

Kabar Terbaru Zhang Zhehan

Pemain drama BL (Boys Love) World Of Honour itu sendiri sudah meminta maaf atas perbuatannya. Pria 30 tahun itu mengaku tidak mengetahui mengenai sejarah bangunan dan tidak berhati-hati. Dianggap pro Jepang, ia tidak berdiam diri atas kasus yang merugikan karier dan reputasinya itu. Beberapa hari lalu, ia telah mengajukan laporan polisi atas pencemaran nama baik.

Setelah kontroversinya mereda, Zhang Zhehan baru melaporkan kasusnya ke Kepolisian Beijing yang fotonya diunggah produser Li Xuezheng di Weibo. Para pakar di bidang politik dan hukum mengakui bahwa kasus-kasus seperti ini bisa menimbulkan kerugian pribadi yang bisa menjadi dasar perkara pidana.

(ami/ami)