Kekayaan Putri Eks Presiden Kazakhstan Terungkap, Rumah Mewah Sampai Beli Jet

Tim Wolipop - wolipop Selasa, 11 Jan 2022 08:30 WIB
Aliya Nazarbayev Foto: dok. Instagram Aliya Nazarbayev
Jakarta -

Aliya Nazarbayev, putri dari mantan presiden Kazakhstan kini tengah menjadi sorotan. Sebagian hartanya terungkap ke publik dan nilainya begitu fantastis. Kekayaan tersebut diduga dari pemberian sang ayah Nursultan Nazarbayev yang telah menjabat menjadi presiden hampir 30 tahun.

Menurut laporan dari The Sunday Telegraph, Aliya telah menghabiskan uang sebanyak 220 juta poundsterling atau setara Rp 4,2 triliun. Dana tersebut dihabiskan untuk membeli rumah di London hingga jet mewah. Dia pun diketahui memiliki rumah senilai US$ 14 juta di Dubai pada 2006.

Aliya pindah ke Inggris kabarnya dalam rangka mengamankan hartanya. Pengeluaran tersebut terungkap setelah Aliya berselisih dengan dua nasihat keuangannya yang dituduhnya tidak jujur, penyelewengan dada, konspirasi untuk menipu.

Wanita 41 tahun itu adalah putri bungsu dari Nursultan Nazarbayev. Pria 81 tahun itu menjabat sebagai presiden Ukraina selama 28 tahun hingga 2019. Keluarganya diyakini telah mempertahankan kekuasaannya meskipun mengundurkan diri tiga tahun lalu.

Dia akhirnya lengser setelah puluhan orang tewas dan gedung-gedung publik di seluruh Kazakhstan telah dijarah dan dibakar. Kerusuhan telah dipicu oleh kemarahan publik atas kekuasaan Nursultan dan keluarganya yang mengumpulkan kekayaan besar sementara sebagian besar penduduk Kazakh berjuang untuk bertahan hidup di tengah kenaikan harga bahan bakar.

Ada desas-desus menyebut bahwa Aliya dan ayahnya melarikan diri ke Dubai saat kerusuhan sipil. Dan segera setelah itu, mereka menggunakan properti di London sebagai tempat yang aman untuk tinggal.

Tahun lalu, polisi Inggris kalah di persidangan Pengadilan Tinggi untuk memaksa putri dan cucu Nursultan untuk merinci bagaimana mereka mendapatkan uang tunai untuk membeli tiga properti seharga ratusan juta poundsterling di London, Inggris.



Simak Video "Sultan! Viral Pernikahan dengan Mahar Mobil hingga Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)