ADVERTISEMENT

7 Fakta Paing Takhon, Eks Biksu Jadi Pria Tertampan saat Divonis Penjara

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 31 Des 2021 14:17 WIB
Paing Takhon Paing Takhon (Foto: Instagram/@paing_takhon)
Naypyidaw -

Paing Takhon dinobatkan sebagai pria tertampan di dunia tahun ini. Ironisnya, ia mendapatkan gelar tersebut saat dijatuhi hukuman penjara karena pandangan politiknya.

Pria asal Myanmar ini menduduki peringkat pertama daftar The 100 Most Handsome Faces of 2021 yang dirilis oleh TC Candler. Namanya berada di atas V BTS yang beberapa tahun lalu mengklaim gelar yang sama, aktor Hollywood Henry Cavill dan Jason Momoa.

Meski berhasil mengalahkan pesohor dunia yang lebih terkenal darinya, Paing Takhon juga harus menghadapi kenyataan pahit. Pada Selasa (28/12/2021), ketika TC Candler mengumumkan daftar tahunannya tersebut, pengadilan memvonis Paing Takhon hukuman penjara setelah ia kedapatan ikut dalam aksi protes menentang kudeta militer Myanmar.

Siapa sebenarnya Paing Takhon? Bagaimana ia bisa berakhir di penjara? Berikut fakta-fakta tentang sang pria tertampan 2021:


1. Asal-usul Paing Takhon

Paing TakhonPaing Takhon (Foto: Instagram/@paing_takhon)

Paing Takhon berdarah Burma. Ia lahir di Kawthaung, Myanmar, pada 17 Septermber 1996.

Orangtuanya, Tun Moe dan Khin Kyu, memiliki enam anak. Paing Takhon sendiri merupakan anak keempat.


2. Profesi Model & Aktor

Paing TakhonPaing Takhon (Foto: Instagram/@paing_takhon)

Kariernya di dunia hiburan diawali Paing Takhon sebagai model 2014. Bertubuh atletis dengan perawakan mirip Jason Momoa, Takhon mendapat julukan 'Aquaman dari Asia'.

Dari modeling, ia mendapat tawaran untuk berakting. Sejumlah judul film lokal yang dibintanginya antara lain 'Thaman Kyar' (2018) dan 'Midnight Travellers' (2017).


3. Jadi Biksu

Paing Takhon, biksu ganteng asal Myanmar.Foto: Instagram/@paing_takhon

Akhir tahun lalu, pria 24 tahun ini mendedikasikan dirinya sebagai biksu 'sementara'. "Menghabiskan Tahun Baru 2021 dengan menjadi biksu selama 10 hari dan saya merasa sangat damai dan lebih mengenal diri sendiri..." tulisnya di Instagram.

Tulisan tersebut menemani foto yang memperlihatkan transformasi penampilannya. Rambut gondrongnya dipangkas sampai kepalanya botak. Ia juga terlihat memakai seragam biksu.


4. Pendidikan Paing Takhon

Paing TakhonFoto: Instagram/@paing_takhon

Di tengah kesibukannya sebagai aktor dan model, ia masih tetap mementingkan pendidikan. Setelah lulus SMA dari Basic Education High School No. 1 Khamaukgyi, ia melanjutkan studi di bangku kuliah. Jurusan Psikologi menjadi pilihannya.

Ia tercatat sebagai mahasiswa psikologi University of Distance Education, Yangon.


5. Tahanan Politik

Model, actor and singer Paing Takhon (C) looks on during a demonstration against the military coup in Yangon on February 17, 2021. (Photo by YE AUNG THU / AFP)Foto: AFP/YE AUNG THU


Paing Takhon ditangkap militer pada April oleh sekitar 50 tentara yang datang dengan delapan truk militer pada pukul 05:00 waktu setempat, menurut unggahan di Facebook oleh saudara perempuan Takhon.

Ia sebelumnya terlihat berpartisipasi dalam sejumlah demonstrasi dan pawai. Dia juga mengunggah foto-foto pemimpin sipil yang digulingkan dan ikon pro-demokrasi Aung San Suu Kyi, yang telah divonis empat tahun penjara karena tuduhan penghasutan dan melanggar aturan Covid-19.

"Kami sangat menentang kudeta militer. Kami menuntut pembebasan secepatnya kanselir negara Daw Aung San Suu Kyi, Presiden U Win Myint, para menteri dari pemerintahan sipil, dan anggota parlemen terpilih," tulis Takhon di salah satu unggahan online-nya.


6. Dipenjara 3 Tahun

Model, actor and singer Paing Takhon (C) looks on during a demonstration against the military coup in Yangon on February 17, 2021. (Photo by YE AUNG THU / AFP)Foto: AFP/YE AUNG THU

Atas perbuatannya tersebut, Paing Takhon divonis tiga tahun penjara. Penasihat hukumnya, Khin Maung Myint, berkata kepada AFP bahwa kliennya juga dijatuhi hukuman melakukan pekerjaan kasar. Ia menambahkan, keluarganya mempertimbangkan untuk mengajukan banding.

7. Depresi

Paing TakhonPaing Takhon (Foto: Instagram/@paing_takhon)

Seorang sumber mengatakan kepada BBC News, Paing Takhon mengalami depresi dan kesehatannya menurun bahkan sampai sulit berdiri.

Meski begitu, orang tersebut menambahkan bila Paing Takhon sudah "memahami segala konsekuensi" yang harus dihadapinya, menambahkan bahwa dia "sama sekali tidak merasa sakit".



Simak Video "Kontroversi Paing Takhon Pria Tertampan Versi TC Candler"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)