Miss Filipina Pakai Baju Adat Palestina di Israel, Dikecam Pencurian Budaya

Tim Wolipop - wolipop Minggu, 12 Des 2021 20:00 WIB
Beatrice Gomez Foto: dok. Instagram/@beatriceluigigmz
Jakarta -

Miss Universe Filipina Beatrice Luigi Gomez mendapatkan kritikan tajam setelah menunjukkan foto menggunakan pakaian tradisional Palestina di Israel dalam bagian acara Miss Universe 2021. Beatrice mendapatkan kecaman karena busana yang dipakainya di Israel tidak sopan, dan bagian dari pencurian budaya.

Beatrice memposting foto dirinya dan rekan-rekan kontestannya di Instagram yang sedang menyiapkan makanan Palestina. Mereka pun mengenakan pakaian adat Palestina, namun menuliskan keterangan foto 'visit Israel'.

Unggahannya tersebut memicu kemarahan netizen di media sosial. Momen tersebut terjadi hanya beberapa hari sebelum Beatrice berkompetisi dalam Miss Universe ke-70 yang digelar di kota Eilat, Israel pada 12 Desember (waktu setempat). Penampilan Beatrice tersebut dinilai sebagai pencurian budaya.

[Gambas:Instagram]

"Penyelenggara Miss Universe di Israel dan para kontestan mengambil alih budaya Palestina... tanpa pengakuan terhadap ratusan generasi Palestina yang mewariskan identitas budaya ini," tulis salah satu netizen di Twitter.

"Ini adalah pencurian dan perampasan budaya," ucap netizen lainnya.

Gelaran kompetisi ratu kecantikan sejagat ini telah menuai kontroversi karena digelar di Israel. Sejumlah aktivis mengecam ajang ini karena aksi pelecehan Israel terhadap Palestina yang bertubi-tubi.

Sejumlah negara tidak mengirimkan wakilnya untuk ikut berkompetisi di ajang tersebut, termasuk Indonesia. Yayasan Puteri Indonesia selaku pemegang lisensi Puteri Indonesia mengumumkan bahwa Puteri Indonesia tidak dikirimkan ke Miss Universe 2021 karena waktu persiapan yang singkat. Selain itu juga karena alasan pandemi Corona.



Simak Video "Selain Indonesia, Negara Ini Juga 'Skip' Miss Universe 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)