Foto Ariana Grande Viral karena Dituduh Tiru Wajah Orang Asia, Kini Dihapus

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 06 Des 2021 10:21 WIB
Ariana Grande Foto: Twitter
Jakarta -

Ariana Grande baru-baru ini mengunggah foto cantiknya dengan full makeup di Instagram. Tapi tak lama kemudian potret tersebut dihapus setelah mendapat banyak komentar kurang menyenangkan. Sejumlah netizen menuding Aria 'asianfishing' karena riasannya. Pelantun 'Thank U, Next' itu dianggap meniru karakter wajah orang Asia.

Foto Ariana Grande baru-baru ini jadi viral di Twitter. Banyak netizen membicarakan bagaimana Ariana membuat wajahnya tampak seperti orang Asia. Hal itu dikarenakan riasan 'eye wing' yang membuat matanya terlihat sipit. Tak hanya karena makeup, mereka juga menganggap ia sengaja melakukannya karena sudut foto tertentu.

Beberapa dari mereka menilai jika tampilan tersebut adalah 'fetish' terhadap wanita Asia Timur. "Apa aku satu-satunya yang tidak nyaman dengan bagaimana Ari mengubah wajahnya?"

Ariana GrandeAriana Grande Foto: Twitter

"Cara dia mengambil gambar dari sudut tertentu (bawah) atau memakai makeup yang menutup kelopak, menciptakan tampilan monolid, itu juga membuat matanya lebih kurang bulat dan jadi lebih kecil. Dia sangat kecil sekarang yang mana stereotipe wanita Asia Timur, belum lagi persona anak kucing seksi yang imut penurut, sekali lagi fetish terhadap wanita Asia Timur," tulis netizen yang memulai perbincangan di forum Reddit.

Akun teddyccino itu lalu lanjut mengungkap 'bukti' bahwa Ariana Grande kerap meniru karakter ras lain. Menurutnya dulu Ariana sering dituduh blackfishing (meniru karakter orang kulit hitam) karena penggunaan kata, aksen, juga musiknya.

"Tentu juga karena tanning yang berlebihan (yang mana fansnya menganggap itu karena ia keturunan Italia). Sekarang ini, dia cukup pucat, sekali lagi dengan standar kecantikan Asia Timur," tulisnya lagi.

Tak lama kemudian, foto Ariana jadi perbincangan di Twitter. Beberapa menuduhnya berusaha untuk terlihat seperti orang Korea. "Koreana Grande harus berhenti,"

"Aku juga melihat ini belakangan seperti dia dihujat karena blackfishing lalu dia berganti ke Asianfishing. Benar-benar terlihat dia menggunakan makeup untuk menciptakan bentuk mata orang Asia. Itu menyebalkan. Mengapa dia tidak bisa jadi diri sendiri," tulis netizen.

Ariana GrandeAriana Grande Foto: Twitter

Pihak Ariana Grande sampai saat ini belum memberikan pernyataan tapi foto yang jadi perbincangan sudah dihapus. Meski banyak yang menghujat tapi tak sedikit pula yang berpendapat sebaliknya.

"Aku tidak percaya kalian semua menghujat Ariana Grande karena Asianfishing hanya karena dia merias mata dengan bentuk Foxy Eye. Gaya itu terlihat berbeda pada mata setiap orang. Aku tidak lihat kamu menghujat Kendall Jenner atau Bella Hadid yang sudah sering bergaya itu selama bertahun-tahun," tulis seorang fans.

Asianfishing bisa diartikan seseorang yang bukan orang Asia berusaha meniru penampilan atau karakter orang Asia. Hal tersebut dianggap menseksualisasi budaya Asia, terutama Asia Timur dan dinilai problematis. Selain dengan makeup, hal lain yang dianggap Asianfishing seperti tampil ala anime atau seragam sekolah khas Asia.

(ami/ami)