Miss Irak Marah ke Cucu Nelson Mandela yang Boikot Miss Universe di Israel

Tim Wolipop - wolipop Rabu, 27 Okt 2021 21:00 WIB
Sarah Abdali Idan Foto: dok. Instagram/@sarahidan
Jakarta -

Miss Irak 2017 Sarah Abdali Idan angkat bicara seputar Miss Universe 2021 yang jadi kontroversi karena diadakan di Israel. Cucu Nelson Mandela yang merupakan seorang aktivis Zwelivelile Mandla Mandela bahkan menyerukan untuk memboikot Miss Universe 2021 yang akan digelar pada bulan Desember.

Mandla meminta perwakilan Miss Universe dari Afrika untuk mundur dari kompetisi tersebut. Cucu dari mantan presiden Afrika itu menganggap bahwa negara tersebut tidak layak untuk dijadikan tempat untuk menggelar acara tersebut.

"Israel adalah negara Apartheid dan terus melakukan pendudukan keji dan perluasan pemukiman ilegal yang melanggar hukum internasional," ungkap Mandla di media sosialnya.

"Kami menyerukan semua negara untuk meningkatkan upaya mereka untuk mengisolasi Apartheid Israel dan memutuskan semua hubungan baik itu perdagangan, budaya, olahraga, rekreasi atau diplomatik," tambahnya.

Menanggapi seruan Mandla, Sarah tidak setuju dengan ide pemboikotan tersebut. Sarah pun tampak marah kepada Mandla.

"Yang bisa saya katakan adalah: 'Beraninya kamu?' Beraninya kamu, sebagai seorang pria, mencoba memberi tahu sebuah organisasi untuk pemberdayaan perempuan dan perempuan apa yang harus dilakukan," tegas Sarah.

"Ini adalah kesempatan yang diimpikan jutaan wanita. Untuk naik ke panggung dunia dan mewakili rakyatnya, bangsanya, budayanya. Bukan pemerintah, bukan politik, dan jelas bukan agenda politikmu," lanjutnya.

Sarah mengakhiri video tersebut dengan mengucapkan selamat kepada Lalela Mswane yang dinobatkan sebagai Miss Afrika Selatan 2021.

"Aku berharap kamu menikmati perjalananmu. Dan belajar tidak hanya tentang Israel, tapi juga tentang semua keindahan lainnya. Ini tentang Miss Universe," pesan Sarah kepada Miss Universe Afrika Selatan 2021 itu.



Simak Video "Selain Indonesia, Negara Ini Juga 'Skip' Miss Universe 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)