Miss Universe Pertama Kali Digelar di Israel, Panen Kritik dan Boikot

Tim Wolipop - wolipop Rabu, 27 Okt 2021 16:45 WIB
Miss Universe Israel 2021 Noa Cochva Miss Israel Noa Cochva Foto: Instagram
Jakarta -

Kontes kecantikan Miss Universe 2021 untuk pertama kalinya akan digelar di Israel pada Desember 2021. Kontes kecantikan kali ini panen kritik dan menuai boikot.

Cucu Nelson Mandela yang merupakan seorang aktivis Zwelivelile Mandla Mandela serukan untuk negara-negara di Afrika agar mengecam Miss Universe 2021 di Israel. Mandla meminta untuk pemenang Miss Universe Afrika 2021 Lalela Mswane dan para Miss Universe Afrika dari tahun-tahun sebelumnya untuk memboikot gelaran tersebut.

"Pendudukan dan perlakuan kejam terhadap warga Palestina di tangan rezim apartheid Israel. Tidak ada hal yang baik tentang pendudukan militer, kebrutalan dan diskriminasi yang yang dilakukan terhadap rakyat Palestina," ucap Mandla, seperti dikutip dari Namibian.com.

Dia menambahkan bahwa hukuman dan pelecehan brutal yang dilakukan kepada warga Palestina setiap hari sangat mengerikan, menjijikkan dan merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Dalam pernyataan resmi Organisasi Miss Universe Malaysia mengungkapkan bahwa mereka juga menolak mengirimkan wakil mereka ke ajang Miss Universe 2021 ke Israel. Selain karena isu tersebut, Miss Universe Malaysia 2021 juga tidak menggelar kompetisi kecantikan tersebut di tahun ini karena tingginya kasus Corona.

Sejumlah netizen pun mengecam dengan Miss Universe yang menggelar acara di Israel. Berbagai penolakan dilontarkan di akun Instagram @missuniverse.

"Lucu, kontes kecantikan yang mempromosikan pemberdayaan, namun diselenggarakan di negara yang mempraktikkan genosida kepada orang-orang tak berdosa. Lelucon terbesar tahun ini!" ungkap netizen.

"Bye Miss Universe 2021, see you Miss Universe 2022," tulis netizen lainnya sebagai tanda penolakan.



Simak Video "Selain Indonesia, Negara Ini Juga 'Skip' Miss Universe 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)